Monday, 3 Dec 2018

Cara Agar Peminat Pramuka Meningkat

peminat pramuka

Masa orientasi siswa atau masa pengenalan lingkungan sekolah untuk sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas/ kejuruan sebentar lagi akan dimulai. Nah, biasanya momen ini adalah momen dimana ekstrakulikuler akan menunjukkan kebolehannya untuk menarik siswa siswa baru untuk ikut dalam ekstrakulikuler tersebut.

Bahkan ekskulikuler Pramuka sendiri, para pengurus akan berjibaku menggencarkan promosi promosi semenarik dan sekreatif mungkin agar para siswa baru tertarik untuk bergabung dengan pramuka. Yang harus dipersiapkan yaitu berani bersaing dengan ekstrakulikuler lainnya yang ada di sekolah. Banyak loh yang nggak kalah menarik dari Pramuka, contohnya saja Paskibra, Pecinta Alam, Drum Band atau OSIS  dsb. Jadi jangan sampai kalah bersaing dengan mereka. Untuk itu saya akan bagikan beberapa cara agar peminat pramuka bisa meningkat.

Stand Pramuka

Biasanya dari pihak penggurus OSIS dan pihak sekolah akan membagi tempat tempat untuk stand saat kegiatan MOS berlangsung. Nah, lalu yang harus kamu lakukan adalah menghias stand kamu dengan ciri khas anak pramuka. Pergunakan stand sebagai pusat informasi ekstrakulikuler Pramuka. Gunanya untuk memperkuat kesan pertama yang diterima oleh  siswa baru ketika pertama kali masuk sekolah. Seakan mereka menemukan  organisasi Pramuka yang hebat. dan secara tidak sadar mungkin akan memancing rasa ingin tahu mereka lebih banyak tentang Pramuka

Pamerkan Foto Kegitan

Tunjukkan beberapa foto dokumentasi ekstrakulikuler pramuka di sekolah kamu. Buatlah mading untuk mempublikasi dokumentasi kegiatan ekstrakulikuler, tentunya buat semenarik mungkin. Dokumentasi ini bisa dipasang di tempat tempat strategis di sekitar sekolah. Pasang dokumentasi kegiatan mu di stand pramuka dan jangan lupa pasang juga di mading mading di sekolah.

Kekompakan Nomor Satu

Tidak akan banyak yang ikut jika ekskul pramuka tersebut tidak kompak. Peran  anggota disini adalah yang paling penting. Jangan hanya bisa menunjukkan bahwa pramuka itu ada di sekolah, namun yang terpenting, tunjukkanlah bahwa pramuka itu eksis dengan anggota yang kompak dan solid. Bayangakan saja kalau setiap siswa baru melihat aggota anggotanya kompak, berkumpul bersama, canda tawa pasti di benak siswa baru tersebut berkata ” Wah, Pramuka disini bagus dan kompak.

Promosi

Pasti akan ada waktunya setiap ekskul di sekolah mempromosikan ekskulnya. Disamping itu demo dengan menampilkan beberapa pertunjukan seperti step dance pramuka dan menampilkan bakat pionering sangat membantu untuk menarik perhatian siswa baru. Kesan pertama yang akan diterima oleh siswa baru adalah kemenarikan ekstrakulikuler tersebut. Kalau pertunjukanmu biasa saja maka siswa yang ikut ya biasa saja, tidak terlalu banyak.  Kalau pertunjukanmu spektakuler maka spektakuler pula siswa yang akan gabung pramuka

Kegiatan Yang Jelas

Setelah melakukan beberapa promosi tersebut maka selanjutnya untuk penggurus yang harus dilakukan adalah menyusun kegiatan untuk calon anggota barunya. Lebih baiknya susunan kegiatan dibuat sebelum menarik siswa siswa baru untuk ikut dalam ekstrakulikuler pramuka. Butuh pemikiran yang berat sih untuk membuat kegiatan yang positif bermanfaat dan disukai, jangan sampai calon anggota barumu rontok gara gara salah satu kegiatan yang nggak jelas atau kegiatan yang tidak bermanfaat.

Sikap Senior Ke Junior

Menurut saya pramuka adalah organisasi yang beda dengan lainnya, santai tapi serius. Untuk itu bagaimanakan sikap senior ke juniornya ?, pasti setiap sekolah berbeda beda prinsipnya. Bila prinsip yang dilakukan itu semi militer maka yang harus dilakukan seniornya adalah bersikap tegas, berwibawa. Biasanya sih kalau semi militer suka bentak bentak itu senior, lah alangkah baiknya ada satu senior sebagai pendingin suasana. Setelah suasana memanas lalu didinginkan.

Namun saya kurang setuju kalau ekstrakulikuler pramuka di sekolah dibuat prinsip militer, karena siswa yang tidak siap maka akan rontok satu demi satu. Dan ini penting, senior harus menjaga sikapnya. Jangan mentang mentang ada  junior cantik/ ganteng lalu di dekatin, intinya jaga jarak dulu itu masih calon anggota.

Lebih baik lagi ada satu senior yang terbuka, maksudnya disini mau mendengarkan cerita atau masalah adiknya. Cocoknya sih perempuan, karena dengan demikian kamu bisa atau apa masalah yang mungkin dihadapi adik kamu. Misal saja broken home, kalau sudah tau seperti itu maka yang harus kamu lakukan adalah memberikan motivasi positif untuk adik kamu. Motivasi positif yang bisa membuat semangat dia bangkit, dan bisa meluakan masalahnya.

 

1 thought on “Cara Agar Peminat Pramuka Meningkat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *