Monday, 3 Dec 2018

Cara Mengikuti JOTA JOTI

Kakak pernahkah mengikuti kegiatan JOTA JOTI ?, sebelumnya apasih JOTA dan JOTI itu?. JOTA merupakan kepanjangan dari Jambore On The Air, dalam bahasa indonesianya jambore di udara. Sedangkan JOTI sendiri adalah Jambore On The Internet, dalam bahasa indonesianya jambore di internet atau lewat internet. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan pada minggu ke-3 pada bulan oktober setiap tahunnya.

Kegiatan tersebut memberikan kesempatan kepada anggota Pramuka untuk dapat saling mengenal satu sama lain dan saling mempererat hubungan keluarga tentunya. Dampak lainnya adalah untuk mengenalkan Pramuka kepada masyarakat luas secara langsung.

Manfaat dari mengikuti kegiatan JOTA JOTI adalah agar anggota Pramuka dapat memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi untuk hal hal yang positif. Selanjutnya untuk menambah wawasan tentang pengetahuan Teknologi Informasi Komunikasi. Dan menjalin hubungan antar anggota Pramuka di dunia dengan menggunakan radio amatir dan internet.

Biasanya tempat penyelenggaraan kegiatan JOTA JOTI ini dilaksanakan di Kwartir Cabang di kota masing masing, dan waktu pelaksanaannya pada bulan oktober. Lalu siapa saja yang dapat mengikuti kegiatan JOTA JOTI ?, kegiatan JOTA JOTI diikuti oleh anggota Pramuka di seluruh Indonesia, kegiatan tersebut juga dibuka untuk umum yang artinya non- Pramuka juga bisa mengikutinya.

Apa syarat menjadi peserta JOTA JOTI?

baik syarat syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti kegiatan tersebut sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia, baik anggota Pramuka maupun non- Pramuka
  2. Mendaftarkan diri ke Kwartir penyelenggara.
  3. Sebelum kegiatan dilaksanakan hendaknya mempersiapkan perangkat seperti laptop dan alat tulis jika perlu.

Berapakah biaya yang dikeluarkan ?, tentang masalah pebiayaan mungkin disetiap Kwartir berbeda beda ya,karena juga ada yang mendaftarkan dirinya secara mandiri di biayai oleh masing masing peserta.

Bagaimana gambaran kegiatan JOTA?, gambarannya mengikuti kegiatan JOTA yaitu kamu akan mempergunakan perangkat radio amatir untuk saling berkomunikasi dengan anggota Pramuka di seluruh Nusantara maupun luar negeri. Tak hanya itu kamu dapat mengerti cara menggunakan perangkat radio amatir, fungsi radio amatir dan pengenalan mengenai radio amatir. Kegiatan JOTA ini juga didampingi oleh Organisasi Radio Amatir Indonesia atau ORARI.

Lalu gambaran seperti apa jika mengikuti kegiatan JOTI ?, di kegiatan JOTI kita bisa chatting dengan anggota Pramuka diselutuh pelosok dunia dengan menggunakan IRC dan mIRC, atau kamu bisa langsung mencari di Google situs yang menyediakan layanan IRC.

Nah, bagaimana tertarik bukan. menurut situs JOTA HOTI  kegiatan JOTA JOTI selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 19, 20 & 21 October 2018. Jadi persiapkan dirimu untuk ikut serta, siap tahu kita bisa saling berkomunikasi lewat kegiatan JOTA JOTI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *