Thursday, 20 Sep 2018

Dewan Ambalan ?, Siapkah Saya ?

Dewan Ambalan _, Siapkah Saya _

Pramuka Penegak yaitu kelompok pramuka yang terdiri dari siswa siswi yang duduk di sekolah menengah atas atau sejenisnya, kira kira usia  pramuka penegak diantara 16 hingga 20 tahun . Sebagaimana kelompok anggota Gerakan Pramuka lainnya, pramuka penegak mempunyai kode kehormatan yang terdiri atas Tri Satya dan Dasa Dharma. Lalu ambalan tersebut apa ?, ambalan merupakan  satuan gerak untuk golongan Pramuka Penegak, yang menghimpun sangga dan dipimpin oleh Pradana dengan pendamping Pembina Ambalan.

Tingkat Penggalang memang keren, asik. Serunya Pramuka ditingkat penggalang tersebut seperti tidak dapat di ungkapkan lewat kata kata. Kita melulu mengenal lomba baik berupa yel yel, step dance dan yanglainnya. Yang mereka tahu hanya regu kami lebih baik dari mereka, suara kami lebih keras dari mereka.

Sebagai seorang pramuka andai umur emakin bertambah  mau tidak mau  harus naik tingkatan baik itu  dari Siaga ke Penggalang, Penggalang ke Penegak, Penegak ke Pandega, karena tersebut sudah aturan dalam Gerakan Pramuka Indonesia. Nah kini yang bakal saya kupas yaitu pola pikir Pramuka Penegak, dari Penggalang ke Penegak.

Lumayan tidak sedikit perbedaan antara Penggalang dan Penegak. Seperti yang saya bilang tadi andai Penggalang bahwa pramuka ditingkat Penggalang tersebut seperti tidak dapat di ungkapkan lewat kata kata. Banyak keseruan diantaranya step dance dan yel yel. Dan perlu di ketahui, kegiatan Penegak lebih banyak di dalam ruangan.

Perlu diketahui saja arti kata Penegak, diambil dari kata ” Tegak ” merujuk pada estafet keberhasilan bangsa Indonesia dalam mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ibarat kata kita telah tidak bermain main lagi sebab Penegak bukan lah anak anak lagi, Penegak berjuang menyusun dan membuat kegiatan. Masa Penegak ialah awal mula seseorang menuju kedewasaan, lebih mandiri, lebih menghargai waktu, belajar menciptakan kegiatan, belajar bermusyawarah. Para penegak hanya berjuang bersikap lebih elegan. Lebih  berwibawa sebagai seorang pramuka yang sudah beranjak dewasa. Bertemu dengan penegak lain lumayan dengan salam pramuka dan sapa senyum yang hangat. Tidak butuh dengan saling tantang gelombang suara  yeyel yang bersahut sahutan. Membosankan ya ?.

Dalam urusan pembelajaran, Kakak akan menemukan ilmu ekstra yang belum kakak dapatkan di Penggalang. Diantaranya kamu dapat belajar bersurvival,bisa belajar bertahan hidup di alam. Kamu juga dapat  mengikuti Satuan Karya Pramuka, yang diantara kriterianya harus Pramuka Penegak. Kamu bisa belajar membantu orang dalam bidang kesehatan dan lainya.

Jadi intinya tidak terlalu banyak  perbedaan yang akan kakak rasakan saat pertamakali masuk Penegak. ” Kok penegak nggak kayak penggalang ya “,” Kok jarang yel yel ya “, kok gini kok gitu ya. Kalau anda* memang benar benar suka Pramuka, hilangkan ucapan perkataan itu. Karena kakak di Penegak belajar menjadi orang yang lebih dewasa, lebih berwawasan luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *