Monday, 3 Dec 2018

Macam Macam Perkemahan

Berkemah, berkemah merupakan kegiatan yang sangat amat mengasikkan. Berkemah juga salah satu kegiatan dalam kepramukaan. Kegiatan kemah secara umum banyak dilakukan diluar ruangan ( outdoor). Di dalam kepramukaan berkemah ada berbagai macam jenisnya, akan admin lampirkan beberpa jenis jenis perkemahan.

Berkemah merupakan kegiatan yang tidak mengikis uang terlalu banyak karena disaat berkemah kita tidak perlu memikirkan wahana wisata permainan dan sejenisnya. Yang perlu kita pikir adalah bahan makanan, air karena itu sangat penting.

Manfaat berkemah juga baik bagi diri sendiri diantara berbagai manfaat, berikut adalah salah satunya: dapat mengenal alam, mengagumi alam yang diciptakan Tuhan, menghilangkan rasa jebuh akan aktivitas yang sangat menyibukkan, dan mememukan hal baru yang belum pernah kita dapat sebelumnya.

Jenis Jenis Perkemahan

  1. Perkemahan satu hari, yaitu perkemahan yang dilakukan hanya satu hari tanpa menginap atau menetap
  2. Perkemahan dua hari atau yang biasa dikenal PERSAMI, yaitu perkemahan yang dilakukan selama dua hari satu malam dengan tempat yang sama tanpa berpindah pindah tempat.
  3. Perkemahan tiga hari atau PERJUSAMI, yaitu perkemahan yang dilaksanakan selama tiga  hari dua malam dengan tempat yangn sama tanpa berpindah pindah tempat.
  4. Perkemahan menetap, yaitu berkemah dengan tempat yang sama atau menetap tanpa berpindah pindah lokasi.
  5. Perkemahan safari, atau biasa kita kenal dengan safari camp, perkemahan ini dilakukan secara berpindah pindah tempat, biasanya saat melakukan perjalanan jauh alangkah baiknya kalau safari camp.

5 jenis perkemahan tadi merupakan jenis perkemahan bedasarkan waktu dan tempat, nah berikut ini adalah jenis perkemahan bedasarkan tujuan dan wilayah satuan Gerakan Pramuka

  1. Perkemahan bakti, contoh dari perkemahan bakti yaitu perkemahan wirakarya,
  2. Perkemahan pelantikan,  yaitu perkemahan dengan maksud untuk melantik anggota ambalan, melantik Pramuka Penegah Bantara dan sebagainya,
  3. Perkemahan lomba, yaitu perkemahan yang dilaksanakan ketika ada kegiatan lomba, seperti Lomba Tingkat
  4. Perkemahan jambore, yaitu perkemahan seperti jambore rantingm jambore cabang, jambore daerah dan jambore nasional.
  5. Perkemahan risetatau penelitian.
  6. Perkemahan tingkat Gugus Depan, Ranting, Cabang, Daerah,Nasional, Perkemahan yang dilaksanakan di wilayah tingkatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *