Thursday, 20 Sep 2018

Materi Pramuka Ciri Ciri PANDEGA

Materi Pramuka Ciri Ciri PANDEGA

Materi Pramuka Ciri Ciri  PANDEGA. Gerakan Pramuka mempunyai andil yang tidak ternilai dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jiwa ksatria yang patriotik telah mengantarkan para pandu kemedan juang dengan saling bahu membahu.

Diluar Indonesia Gerakan Pramuka dikenal dengan sebutan Scout. Dan organisasi kepanduan dunia adalah WOSM ( Word Organization Of The Scout Movement ). Organisasi yang mengorganisir kepanduan kepanduan diseluruh dunia. Didirikan pada taun 1920 berkantor pusat di Kota Genewa, Switzerland. WOSM menjadi peran positif untuk pembinaan pemuda melalui Janji dan Dharma Pandu.

Kepanduan atau yang kita kenal sekarang dengan sebutan Gerakan Pramuka masuk ke indonesia sejak masa masa Hindia – Belanda. Dengan begitu cepatnya Kepanduan mudah diterima oleh bangsa kita karena sifatnya yang universal.

Pada artikel kali ini saya mengkutip artikel dari majalah Gendrang edisi Tahun 2016 tentang ciri ciri seorang Pandega. Apa yang kakak ketahui mengenai ciri ciri seorang Pandega ?, dalam artikel berikut akan saya jelaskan. Berikut adlah ciri ciri umumnya :

  1. Pandega mengalami proses peningkatan emosional yang cepat. Pada masa ini banyak sekali tuntutan dan tekanan, misalnya mereka diharapkan untuk tidak lagi bertingkah seperti kanak kanak, harus lebih mandiri dan dewasa dan bertanggung jawab.
  2. Pandega mengalami perubahan fisik secara cepat dan proses seksual, perubahan ini dapat menyebabkan tidak yakin akan diri sendiri dan kemampuan diri sendiri. Perubahan tersebut terkait dengan perubahan internal diri seperti sistem sirkulasi, pencernaan dan respirasi. Maupun perubahan eksternal seperti tinggi badan, berat badan.
  3. Pandega mengalami peruahan nilai yang mereka anggap penting pada masa kanak kanak menjadi kurang penting karena sudah mendekati dewasa. Terdapat nilai nilai baru yang membawa Panega ke masa depan.
  4. Pandega mengalami perubahan hubungan dengan orang lain, Pandega tidak lagi berhubungan hanya dengan individu dari jenis kelamin yang sama, tetapi juga dengan lawan jenisnya dan dengan orang dewasa.
  5. Pandega mengalami proses ambivalen dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Dari sisi pandega menginginkan kebebasan, tetapi disisi lain mereka takut akan tanggung jawab yang menyertai kebebasan tersebut. Seringkali, Pandega meragukan kemampuan mereka sendiri untuk memikul tanggung jawab yang dibuatnya.

Sekian artikel yang dapat admin sampaikan, semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi kakak kakak yang sedang mencari referensi materi materi pramuka, jangan lupa tinggalkan pesan komentar di kolom bawah. Terima kasih dan Salam Pramuka.

1 thought on “Materi Pramuka Ciri Ciri PANDEGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *