Saturday, 15 Sep 2018

Materi Pramuka Jati Diri PANDEGA

Materi Pramuka Jati Diri PANDEGA

Materi Pramuka Jati Diri PANDEGA. Gerakan Pramuka mempunyai andil yang tidak ternilai dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jiwa ksatria yang patriotik telah mengantarkan para pandu kemedan juang dengan saling bahu membahu.

Diluar Indonesia Gerakan Pramuka dikenal dengan sebutan Scout. Dan organisasi kepanduan dunia adalah WOSM ( Word Organization Of The Scout Movement ). Organisasi yang mengorganisir kepanduan kepanduan diseluruh dunia. Didirikan pada taun 1920 berkantor pusat di Kota Genewa, Switzerland. WOSM menjadi peran positif untuk pembinaan pemuda melalui Janji dan Dharma Pandu.

Kepanduan atau yang kita kenal sekarang dengan sebutan Gerakan Pramuka masuk ke indonesia sejak masa masa Hindia – Belanda. Dengan begitu cepatnya Kepanduan mudah diterima oleh bangsa kita karena sifatnya yang universal.

Pada artikel kali ini saya mengkutip artikel dari majalah Gendrang edisi Tahun 2016 tentang jati diri seorang pandega. Apa yang kakak ketahui tentang pandega ?, pandega adalah anggota Pramuka yang berusia 21- 25 tahun, pertumbuhan dari masa remaja menuju masa lebih kedewasaan. Pandega merupakan sosok yang sedang menjalankan proses kematangan organ tubuh. Perkembangan tersebut diantaranya 1. Perkembangan Fisik 2. Perkembangan Kognitif 3. Dan Perkembangan Kepribadian dan Sosial.

Seorang Pandega harus mampu mengolah cara berfikir agar muncul suatu ide ide baru, juga harus mampu membedakan antara ide yang lebih penting dibandingkan dengan ide yang lainnya, dan mampu menghubungkan ide ide tersebut. Namun perlu diingat bahwa Pandega masih dipengaruhi oleh pemikiran kana kanan yaitu kecenderungan cara berfikir ( egosentrime ), ketidakmampuan melihat suatu hal dari sudut pandang orang lain atau personal fabel. Personal fabel adalah suatu cerita yang dikatakan pada diri sendiri mengenai diri sendiri namun cerita itu tidaklah benar. Personal fabel biasanya bahwa keyakinan diri seseorang adalah unik dan memiliki karakteristik khusus yang hebat.

Dari sisi imajinasi, Pandega telah mempunyai kemampuan berimajinasi yang melampauikawasan berfikirnya, untuk itu sangatlah wajar jika Pandega sangat menyukai tantangan. Dari sisi kepribadian dan sosial Pandega berada pada taraf pencarian identitas diri, maksudya adalah proses menjadi orang yang unik dengan peran yang penting dalam hidup.

Bagaimana dengan asmara ?, masa asmara atau menyenangi lawan jenis kelamin juga menjadi masa yang cukup berpengaruh dalam usia Pandega. Bahkan dapat meruntuhkan perkawanan yang mereka bangun sejak lama, juga banyak sekali kejadian jika seorang Pandega keluar dari racananya disebebkan oleh masalah asmara.

Sekian artikel yang dapat admin sampaikan, semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi kakak kakak yang sedang mencari referensi materi materi pramuka, jangan lupa tinggalkan pesan komentar di kolom bawah. Terima kasih dan Salam Pramuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *