Monday, 3 Dec 2018

Materi Pramuka Motto Gerakan Pramuka

Materi Pramuka Motto Gerakan Pramuka. Motto Gerakan pramuka sangatlah penting bagi setiap anggota Gerakan Pramuka, setiap anggota Pramuka harus mampu mengamalkan Motto Gerakan Pramuka dalam setiap kegiatannya“SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN”, itu adalah Motto dari Gerakan Pramuka.
 

Manfaat Motto Gerakan Pramuka

1.Menanamkan jiwa rasa percaya diri.
2.Menambah semangat pengabdian pada masyarakat, bangsa dan negara.
3.Siap mengamalkan Satya danDarma Pramuka.Rasa bangga sebagai Pramuka.
4.Memiliki Buadaya Kerja yang dilandasi pengabdiannya.
Motto Gerakan Pramuka wajib dihayati dan selalu diingat bagi anggota Pramuka dalam merealisasikanpengamalan Satya dan Darma Pramuka dalam kehidupan sehari hari. Untuk meningkatkan kebanggaan dan kekompakan dalam satuan Gerakan Pramuka.

Prinsip Dasar Kepramukaan 

Prinsip dasar kepramukaan merupakan hal yang membedakan kepramukaan dengan organisasi lainnya,

1.Iman DanTaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.Perduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya.
3.Perduli terhadap diri pribadinya.
4.Taat terhadap Kode Kehormatan Gerakan Pramuka. 
Prinsip Dasar Kepramukaan sebagai norma hidup seorang anggota Gerakan Pramuka, ditanamkan dan ditumbuh kembangkan melalui proses penghayatan oleh dan untuk diri pribadinya, bagi peserta didik dibantuoleh pembinanya, sehingga pelaksanaan dan pengamalannya dilakukan dengan penuh kesadaran,kemandirian.
Hakekat pramuka adalah Menerima secara sukarela Prinsip Dasar Kepramukaan, sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk sosial, harus menyadari bahwa : 
1.Patuh terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan beribadah sesuai tata-cara dari agama yang dipeluknya.
2. Mengakui bahwa manusia tidak hidup sendiri,melainkan hidup bersama dengan makhluk lain yang juga diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa, khususnyasesama manusia yang telah diberi derajat yang lebih mulia dari makhluk lainnya. Dalam kehidupan bersamadidasai oleh prinsip peri kemanusiaan yang adil dan beradab.  Diberi tempat untuk hidup dan berkembang oleh Tuhan Yang Maha Esa di bumi yang ber unsurkan tanah, air dan udara yang merupakan tempat bagi manusia untuk hidup bersama, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan rukun dan damai.
4.Memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sosial serta memperkokoh persatuan, menerima ke bhinnekaan dalam Negara Indonesia.
5.Memerlukan lingkungan hidup yang bersih dan sehat agar memberikan kenyamanan. Karena itu kita wajib peduli terhadap lingkungandengan cara menjaga dan memelihara lingkungan hidup yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *