Saturday, 15 Sep 2018

Materi Pramuka Pengertian Pertolongan Pertama

Materi Pramuka Pengertian Pertolongan Pertama

Materi Pramuka Pengertian Pertolongan Pertama.  Gerakan Pramuka mempunyai andil yang tidak ternilai dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jiwa ksatria yang patriotik telah mengantarkan para pandu kemedan juang dengan saling bahu membahu.

Pertolongan pertama atau penanganan darurat kepada seseorang atau lebih korban yang mengalami sakit atau cedera sebelum mendapatkan penanganan secara medis oleh yang ahli pada bidangnya ( dokter atau perawat ). Pertolongan pertama dapat menyelamatkan jiwa seseorang atau korban atau meningkatkan fungsi tanda tanda vital kehidupan seperti denyut jantung, suhu tubuh dan jalan pernafasan.

Pertolongan pertama dapat meringankan dari rasa sakit, mencegah keadaan menjadi lebih buruk dan mencegah penderitaan. Ketika dalam keadaan kritis, waktu beberapa menit saja dapat membuat perbedaan besar antara sembuh dan kematian,

Perlengkapan dari pertolongan pertama pada kecelakaan sangat tergantung pada kebutuhan penanganan korban dan tingkat pengetahuan serta keterampilan dari penolong. Mengetahui apa yang harus dilakukan saat melakukan prosedur pertolongan pertama pada kecelakaan adalah sangat penting. Contohnya jika ada penolong dengan ceroboh menolong seseorang yang cedera leher dapat menyebabkan korban mengalami cedera syaraf tulang belakang yang sangat serius dan menyebabkan kelumpuhan.

Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah melakukan evaluasi atau pengamatan terhadap kondisi awal korban. Metode dalam mengevaluasi kondisi korban adalah dengan metode ABC yang maksudnya :

  1. Airway, pastikan apakah jalan pernafasan udara pada korban terbuka atau terhalang oleh debu, air atau darah kering.
  2. Breathing, pastikan pada korban apakah korban bernafas, lihat dan merasakan hembusan nafas si korban.
  3. Circulation, pastikan apakah ada denyut nadi,atau apakah ada pendarahan luar. Periksa perubahan warna kulit korban dan suhu tubuh sebagai indikasi adanya masalah peredaran darah.

Pertolongan Pertama Gawat Darurat atau PPGD merupakan satu istilah yang sudah tidak asing di telinga kita. Dengan semakin kompleksnya kehidupan kita dan lingkungannya, maka PPGD sudah menjadi suatu kebitihan yang sangat penting.

Sekian artikel yang dapat admin sampaikan, semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi kakak kakak yang sedang mencari referensi materi materi pramuka, jangan lupa tinggalkan pesan komentar di kolom bawah. Terima kasih dan Salam Pramuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *