Monday, 3 Dec 2018

Materi Pramuka Tenda

MATERI PRAMUKA TENDA

Materi Pramuka Tenda. Menurut kamu tenda itu apa?, lalu apa sebenarnya kegunaan tenda?. Dalam artikel berikut ini akan membagikan materi mengenai tenda dan kegunaanya. Tenda adalah sebuah benda yang digunakan untuk perlindungan diri dari panas dan hujan yang terdiri dari lembaran lembaran kain yang melekat pada kerangka tenda. Tenda mempunyai dua lapisan pelindung diantaranya dinding dalam yang terbuat dari bahan bernafas atau bahan non waterproof dan dinding luar atau bisa disebut flysheet yang terbuat dari bahan anti air.

Bentuk bentuk tenda mempunyai berbagai macam bentuk yang disesuaikan oleh kebutuhan. Perbedaaan selain kain dan bentuk ada perbedaan lain yaitu jumlah tiang. Perbedaan bentuk tenda dibedakan menjadi :

Tenda bertiang satu

  1. Bentuk rujung
    Bentuk tenda tersebut menurut admin kurang bermanfaat jika digunakan untuk beregu, memerlukan banyak peralatan tenda dan banyaknya tempat yang terbuang.
  2. Bentuk huruf A renda
    Kebanyakan digunakan untuk tenda perorangan, digunakan untuk perlindungan diri, Ukuran tenda tersebut menyesuaikan tinggi badan manusia.
  3. Bentuk tenda A tinggi
    Tenda yang dipergunakan untuk dua orang, keunggulan bentuk tenda ini adalah mudah dipasang dan mudah dibuat.
  4. Bentuk huruf A bersegi lima
    Bentuk tenda ini hampir sama dengan bentuk tenda A tinggi,namun yang membedakan adalah bagian belakang tenda ini dilebihkan sehingga bersegi lima. Dibagian bawah dinding ada tambahan dinding, supaya tenda memiliki tinggi 1,6 meter.

Tenda bertiang dua

  1. Bentuk lancip
    Bentuk tenda berikut merupakan bentuk tenda yang kurang praktis jika digunakan.
  2. Berbentuk huruf A
    Bentuk tenda ini biasanya digunakan untuk perlindungan dan sebagasi serambi dari tenda pimpinan atau tenda regu.
  3. Bentuk pondok
    Bentuk tenda pondok sangat digenari oleh pekemah, tenda ibi mampu menampung lebih dari dua orang. tenda ini berdinding tegak lurus dan dinding atap yang miring. Dapat juga digunakan untuk tenda regu yang dapat menampung delapan orang anggota regu.

Kegunaan tenda

Secara garis besar kegunaan tenda alaha untuk pesta, acara, event dan perkemahan. Namun disini akan admin bahas adalah kegunaan tenda dalam perkemahan atau di alam bebas. Kegunaan tenda sebagai berikut:

  1. Sebagai tempat beristirahat
  2. Sebagai tempat perlindungan diri dari binatang liar.
  3. Sebagai tempat  perlindungan diri dario panas dan hujan.
  4. Sebagai tempat untuk menyimpan barang dengan aman di alam bebas.
  5. Sebagai tempat untuk berteduh.
  6. Sebagai tempat nongkrong dengan teman teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *