Saturday, 15 Sep 2018

Pengertian Pramuka Garuda Dan Syaratnya

Pengertian Pramuka Garuda Dan Syaratnya

Siapa yang tidak ingin menempuh Pramuka Garuda, yakin semua anggota pramuka pasti ingin  menempuhnya?. Anggota Pramuka mana yang tidak hendak menjadi Pramuka Garuda, pasti nyaris semua menginginkannya. Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap kelompok/ golongan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega. Bagi Kakak Kakak yang ingin menjadi Pramuka Garuda  tentunya harus menyelesaikan pesyaratan persyaratannya terlebih dahulu.

Anggota Pramuka yang bercita-cita  menjadi PramukaGaruda tahapan kesatu yang harus dilaksanakan ialah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah mengisi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda. Lalu mengajukan ke Kwartir Cabang di masing masing daerahnya, Kwartir Cabang tentunya bakal menguji kelayakan anggota sebelum menjadi Pramuka Garuda, dengan mendatangkan  tim pelatih sebagai pengujinya.

Pramuka Garuda merupaka tingkat atau tanda kecakapan tertinggi pramuka dalam setiap kelompok atau golongan baik itu golongan Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak maupun Pramuka Pandega. Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda ditata dalam  SK Kwartir Nasional Nomor 101 tahun 1984 mengenai Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Bentuk penghargaan Pramuka Garuda yaitu sebuah medali yang pemakaiannya dikalungkan, warna pita yang digunakan menyesuaikan tingkatan anggota Pramuka. Medali berbentuk segi lima bergambar Burung Garuda mempunyai tunas kelapa di dadanya dan bertuliskan ” SETIA, SIAP, SEDIA “. Ada dua macam bentuk penghargaan  diantaranya dalam bentuk medali digunakan untuk upacara upacara pramuka atau kegiatan tertentu yang bersifat formal tertentu, yang kedua yakni dalam  bentuk kain yang dipakai untuk kegiatan pramuka dalam sehari hari.

Syarat Pramuka Garuda

Tentunya untuk menjangkau tingkatan Pramuka Garuda harus menempuh sejumlah syarat, kriteria itu berbeda lain tergantung dengan seorang anggota Pramuka itu masuk di kelompok  golongan Pramuka apa. Baik admin akan mengemukakan syarat kriteria Pramuka Garuda disetiap golongannya,namun dalam format  word yang harus kakak unduh terlebih dahulu.

Syarat menjadi Pramuka Garuda tingkat Siaga : silahkan unduh 
Syarat menjadi Pramuka Garuda tingkat Penggalang : silahkan unduh 
Syarat menjadi Pramuka Garuda tingkat Penegak : silahkan unduh 
Syarat menjadi Pramuka Garuda tingkat Pandega: silahkan unduh

Perlu ketahui pengujian kriteria penempuhan pengujinya. Tim penguji terdiri dari elatih pembina, pembina gugusdepan, pengurus kwartir, orang tua, dan tokoh masyarakat. Setelah lulus tes , seorang yang mengajukan sebagai Pramuka Garuda bakal dilantik menjadi Pramuka Garuda. Pelantikan seringkali dilakukan dengan hari hari khusus, sebagai contohnya ketika Hari Pramuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *