Sunday, 18 Aug 2019

10 Manfaat Ikut Pramuka Bagi Kesehatan

Gerakan Pramua adalah organisasi yang sangat berpengaruh bagi pemuda di Negara Indonesia, dengan ribuan kelompok di seluruh negeri, secara kolektif termasuk sekitar 5 juta anggota, tidak termasuk semua orang tua dan sukarelawan yang terlibat dalam organisasi. Kedua organisasi nasional ini bangga akan diri mereka sendiri dalam mengajarkan nilai-nilai positif kepada anggotanya, keterlibatan masyarakat, dan mendorong kebugaran fisik dan pertumbuhan pribadi. Meskipun ada banyak manfaat dari bergabung dengan Pramuka atau Pramuka, ini adalah

Daftar 10 manfaat pramuka bagi kesehatan

Kemandirian – Jauh dari keamanan orang tua mereka, anak laki-laki dan perempuan akan menemukan peran mereka dalam kelompok mereka dan belajar untuk menjadi mandiri. Dalam kedua program, anak laki-laki dan perempuan diberikan berbagai tugas, dan melalui kegiatan ini mereka mendapatkan rasa kemandirian. Mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri dan untuk melakukan bagian mereka untuk rombongan. Mempelajari keterampilan ini di usia muda memberikan fondasi yang kuat untuk masa depan yang sehat dan bahagia di mana anak laki-laki dan perempuan ini mampu menangani diri mereka sendiri.

Apresiasi alam – Dengan semua kamp musim panas tersedia untuk Pramuka Gadis dan semua perjalanan berkemah yang dilakukan Pramuka, seorang pramuka pria atau wanita pasti akan terkena bagian wajar mereka dari dunia alami. Di pegunungan atau di tepi danau, udaranya jauh lebih bersih. Sebuah studi 2013 menemukan bahwa paparan udara bersih mengurangi risiko masalah kesehatan pernapasan. Mempelajari apresiasi terhadap alam melalui kegiatan yang dilakukan pramuka dalam perjalanan berkemah membuat Anda lebih sering keluar ke alam dan karenanya mendapatkan manfaat kesehatan pernapasan ini.

Kebugaran fisik – Perjalanan hiking dan trekking yang dilakukan Pramuka Boy and Girl membantu anggota mereka untuk meningkatkan kebugaran fisik mereka dan mendapatkan penghargaan untuk menggerakkan tubuh mereka. Hiking membuat Anda bergerak dan memompa darah ke seluruh tubuh Anda. Detak jantung Anda naik saat Anda mengerahkan diri, menguatkan hati Anda dan meningkatkan aliran darah ke otot-otot Anda. Saat Anda naik gunung atau melintasi lapangan, tubuh Anda menghabiskan energi yang Anda berikan dalam bentuk kalori. Ini membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan menjadi lebih kuat dan lebih gesit.

Kebugaran mental – Melalui banyak kegiatan dalam pramuka Boy and Girl, anak-anak belajar keterampilan memecahkan masalah yang berharga dan dapat melatihnya. Saat menjual kue, Girl Scouts dapat menggunakan matematika mental cepat untuk mengetahui berapa banyak pelanggan yang berutang kepada mereka. Saat melakukan perjalanan hiking, Boy Scouts mungkin diminta untuk tidak menggunakan apa pun selain kompas untuk kembali ke base camp dan harus bergantung pada ingatan dan keterampilan pengamatan. Praktek-praktek ini membangun kekuatan mental Anda, yang akan bermanfaat bagi Anda di semua bidang kehidupan dan mengurangi stres yang Anda alami di sekolah, pekerjaan, dan masalah pribadi selama bertahun-tahun yang akan datang.

Kesehatan psikologis – Di antara sesama anggota Anda, dihadapkan dengan tugas-tugas dari berbagai kesulitan, sebagai pengintai Anda mendapatkan stabilitas emosional dalam bentuk keberanian, kepercayaan, empati, dan kepercayaan diri. Unsur-unsur kesehatan psikologis ini memungkinkan Anda melihat diri sendiri dan orang lain dengan cara yang sehat dan jelas serta memungkinkan Anda membangun hubungan yang memuaskan.

Sistem pendukung – Berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dan proyek dengan pasukan yang sama dari tahun ke tahun menciptakan ikatan yang kuat antara para anggota. Teman-teman yang dibuat oleh anak-anak ini dalam kelompok pengintai mereka akan menjadi sistem pendukung seumur hidup bagi mereka. Mengenal anak-anak yang berasal dari latar belakang atau sekolah yang berbeda (mereka yang sebelumnya tidak mengenal mereka) memungkinkan anak-anak untuk mengambil peran yang berbeda dan menemukan diri mereka dengan cara yang paling jujur. Pada akhirnya, rekan-rekan pengintai mereka mengenal mereka lebih baik daripada orang lain dan mencintai mereka apa adanya.

Ambisi Sparks – Dimasukkan ke dalam banyak kegiatan dalam program pramuka adalah kompetisi yang sedikit sehat. Anak-anak mempelajari kekuatan mereka dan cara bermain di atas mereka, dan mendapatkan rasa ambisi yang akan membantu mereka selama bertahun-tahun yang akan datang. Tanpa ambisi, jiwa tidak sehat dan individu mungkin tenggelam dalam depresi dan memiliki rasa harga diri yang menurun.

Perluas pikiran – Berteman dan belajar tentang banyak orang berbeda membuat Anda terpapar pada banyak perspektif alternatif yang mungkin berbeda dari perspektif Anda sendiri. Belajar untuk melewati perbedaan dan menerima pendapat orang lain mematahkan dinding pikiran sempit dan mendorong orang keluar dari zona nyaman mereka. Anak laki-laki dan perempuan yang lebih muda dapat belajar pelajaran hidup dari anak laki-laki dan perempuan yang lebih tua yang mereka uji di dunia mereka sendiri. Semua informasi baru ini membantu para pengintai untuk mendekati alam semesta dengan cara yang lebih sehat, kurang agresif, dan lebih menerima.

Resolusi konflik – Dalam kelompok yang hampir seluruhnya terdiri dari teman sebaya, Pramuka Puteri dan Puteri harus menyelesaikan masalah di antara mereka sendiri. Mengizinkan mereka tumbuh sehat, dan mengembangkan pemahaman serta persahabatan yang bebas dari ketergantungan emosional yang akan mendukung kesehatan psikologis mereka selama bertahun-tahun yang akan datang.

Kerja tim – Dalam kelompok besar anak laki-laki atau perempuan seusia yang bertindak untuk tujuan bersama, apakah itu dalam permainan olahraga atau dalam proyek layanan masyarakat, anak-anak harus belajar keterampilan kerja tim yang berharga. Pada awalnya, anak-anak ini mungkin berjuang dengan pelepasan kontrol yang datang dengan bekerja dalam kelompok, tetapi pada akhirnya akan menemukan bahwa bersandar pada orang lain sebenarnya dapat pada akhirnya bermanfaat. Kerja tim bisa agak merendahkan, yang berkontribusi pada citra diri yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *