Thursday, 12 Dec 2019

10 Manfaat Jadi Relawan Untuk Kesehatan

Ketika Anda membantu orang lain, Anda juga membantu diri Anda sendiri. Kesukarelawanan menyatukan komunitas untuk membantu mereka yang kurang beruntung atau meningkatkan kualitas hidup untuk semua orang. Apakah Anda bekerja untuk menyelamatkan hewan atau membimbing anak-anak, menjadi sukarelawan adalah cara yang bermanfaat untuk membantu komunitas Anda. Ahli kesehatan medis juga telah menemukan bahwa itu memberi banyak manfaat kesehatan pada Anda. Baca terus untuk mengetahui

Manfaat kesehatan terbaik dari menjadi sukarelawan

Membangun Harga Diri

Kesukarelaan memaksa Anda keluar dari zona nyaman Anda. Apakah itu bertemu dan bekerja dengan orang-orang baru, atau menguasai keterampilan baru, secara sukarela memaksa Anda untuk tumbuh sebagai pribadi. Menurut psikolog University of Minnesota, Mark Snyder, “orang yang suka relawan cenderung memiliki harga diri, kesejahteraan psikologis, dan kebahagiaan yang lebih tinggi.”

Mengurangi Stres

Kehidupan modern dapat membuat kita cemas, terasing, dan terbebani. Ketika Anda menjadi sukarelawan, Anda memeriksa masalah Anda sendiri di pintu untuk membantu orang lain dengan masalah mereka. Interaksi sosial, pekerjaan yang bermakna, dan olahraga menurunkan tingkat stres.

Menciptakan Rasa Tujuan

Para filsuf bukanlah satu-satunya yang mencari tujuan hidup. Banyak orang berjuang untuk mendefinisikan apa hidup mereka sebenarnya. “Apakah aku memberikan kembali kepada dunia?” “Apakah aku menghabiskan waktuku dengan egois?” Pertanyaan seperti ini mengganggu banyak dari kita. Yang benar adalah bahwa sebagian besar pekerjaan tidak memenuhi semua itu. Kesukarelawanan memberi Anda kesempatan untuk menemukan tujuan yang Anda identifikasi dan yakini serta memberi Anda cara untuk mencapainya. Itu sebabnya banyak sukarelawan memiliki ketenangan pikiran.

Dukungan sosial

Satu orang dapat membuat perbedaan, tetapi seluruh komunitas dapat mengubah dunia. Sebagian besar organisasi relawan mengerahkan upaya kolektif seluruh tim, membina hubungan dekat dan menciptakan ikatan yang kuat di antara relawan. Penelitian menunjukkan bahwa sukarelawan membantu menciptakan hubungan sosial yang mengurangi depresi dan kesepian. Sangat bermanfaat untuk membantu orang lanjut usia dan pensiunan mempertahankan jejaring sosial di kemudian hari.

Kesehatan jantung

Sebuah studi Carnegie Melon yang diterbitkan oleh American Psychological Association mengidentifikasi hubungan tentatif antara kesukarelaan dan penurunan risiko hipertensi di antara orang dewasa 50 tahun atau lebih. Studi ini menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang secara sukarela melakukan 200 jam selama satu tahun lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami hipertensi daripada mereka yang tidak sukarela. Walaupun penelitian ini tidak dapat mengidentifikasi kaitannya, penelitian ini menyarankan tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi dan kesehatan mental yang lebih baik sebagai penjelasan yang memungkinkan.

Angka Kematian Lebih Rendah

Kesehatan kardiovaskular yang lebih baik adalah salah satu cara studi menunjukkan bahwa secara sukarela menurunkan angka kematian. Satu studi tahun 2005 menemukan bahwa mereka yang memberikan dukungan sosial kepada orang lain memiliki tingkat kematian yang lebih rendah daripada non-sukarelawan, memperhitungkan faktor-faktor lain seperti kelas dan usia. Sebuah studi longitudinal menegaskan bahwa memberikan dukungan kepada orang lain menyebabkan tingkat kematian yang lebih rendah lima tahun ke depan.

Mempromosikan Perjalanan

Kesukarelawanan memperkuat komunitas lokal Anda. Kemungkinannya adalah Anda dapat menemukan tujuan besar di ujung jalan. Tetapi bagaimana jika Anda ingin menyelamatkan paus, atau memberikan bantuan medis di tempat lain? Kesempatan sukarela global menarik orang-orang yang berhati nurani dari seluruh dunia untuk membantu dalam suatu tujuan. Di HFR kami merayakan apa pun yang mempromosikan perjalanan. Sukarelawan memperluas cakrawala Anda dan memungkinkan Anda melihat dunia sambil membantu orang lain. Nah, itu alasan yang layak.

Membuatmu senang

Pikirkan kapan terakhir kali Anda bahagia. Ketika Anda merasakan perasaan terpancar dari perasaan puas dan positif yang tidak bisa disalahartikan sebagai hal lain. Mungkin Anda merasakannya tepat setelah latihan keras di hari yang indah, atau saat makan di rumah bersama teman dan keluarga.

Apa yang Anda rasakan disebut “efek kebahagiaan,” dan para peneliti di London School of Economics mengklaim bahwa menjadi relawan menciptakan efek kebahagiaan. Orang-orang 7% lebih mungkin mengatakan bahwa mereka merasa “sangat bahagia” jika mereka menjadi sukarelawan setiap bulan, 12% jika dua kali sebulan, dan 16% jika mereka menjadi sukarelawan setiap minggu.

Mengajar Peduli

Ketika Anda peduli dengan orang lain, ada baiknya Anda mengevaluasi kembali bagaimana Anda peduli terhadap diri sendiri. Habiskan waktu di lingkungan yang positif untuk mencapai sesuatu, dan Anda akan memprioritaskan perawatan diri dan cinta.

Pelajari Keterampilan Baru

Apakah Anda menyiapkan makanan di bank makanan atau membangun rumah, kemungkinan pekerjaan sukarela Anda akan mendorong Anda untuk mempelajari keterampilan baru. Belajar membuat pikiran Anda awet muda dan meningkatkan pemikiran kritis. Ini juga dapat membantu Anda dalam karier Anda, yang dapat memberikan kesejahteraan finansial untuk menenangkan pikiran Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *