Thursday, 12 Dec 2019

10 Manfaat Kesehatan dari Mendaki Gunung

Anda pernah mendengar seseorang memberi tahu Anda, “lakukan pendakian,” Anda mungkin ingin berterima kasih kepada mereka karena menjaga kesehatan Anda. Itu karena pergi mendaki menawarkan manfaat luar biasa bagi kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental Anda. Berikut adalah

10 manfaat kesehatan dari mendaki

Meningkatkan kebugaran

Hanya satu jam trekking dapat membakar lebih dari 500 kalori, tergantung pada tingkat kemiringan dan berat paket yang Anda bawa. Jalur pendakian seringkali lebih lunak pada sendi daripada aspal atau beton, sehingga lebih mudah pada pergelangan kaki dan lutut Anda dibandingkan dengan berlari. Jika Anda menuju bukit, hasil penurunan berat badan bahkan lebih baik. Anda tidak hanya membakar kalori serius, tetapi ketinggian itu sendiri juga telah terbukti menjadi sekutu penurunan berat badan.

Kendalikan latihan Anda

Dengan hiking, Anda dapat memetakan jalur Anda sendiri: Apakah itu merupakan jalur pemandangan yang perlahan menanjak atau perjalanan curam mendaki gunung? Dan Anda mengatur kecepatan dan jarak Anda sendiri juga. Apakah Anda memutuskan untuk mendaki sore, akhir pekan di hutan, atau pengalaman jarak jauh, Anda tidak mendengarkan pelatih kebugaran yang suka memerintah meminta Anda untuk bekerja lebih keras.

Nada seluruh tubuh

Berjalan teratur bisa membuat bokong Anda dalam kondisi yang lebih baik, tetapi mengambil tanjakan tajam, menggunakan tiang trekking untuk mendorong Anda maju, dan memanjat batu membuat tubuh Anda lebih siap berolahraga. Secara fisiologis, Anda akan bekerja seluruh tubuh Anda, terutama tubuh bagian bawah – yaitu paha depan, glutes dan paha belakang. Jika Anda membawa paket, maka Anda akan menantang kekuatan dan daya tahan tubuh bagian atas Anda juga.

Membantu mencegah dan mengendalikan diabetes

hiking secara teratur membantu Anda mengontrol, atau bahkan mencegah, diabetes dengan menurunkan kadar gula darah Anda. Berjalan kaki memberi otot Anda latihan, yang memindahkan glukosa dari aliran darah Anda untuk mendapatkan energi.

Turunkan tekanan darah dan kolesterol

Berjalan kaki melalui jalur secara teratur menurunkan tekanan darah dan kolesterol, sehingga mengurangi bahaya penyakit jantung, diabetes, dan stroke bagi mereka yang berisiko tinggi. Bahkan, hiking menuruni bukit dua kali lebih efektif untuk menghilangkan gula darah dan meningkatkan toleransi glukosa.

Hiking menyembuhkan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat fisik hiking jauh melampaui kesehatan kardiovaskular, dan bahkan dapat membantu pasien kanker pulih. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Sports Medicine menemukan bahwa perjalanan hiking jarak jauh dapat meningkatkan kapasitas antioksidan, yang membantu melawan penyakit, dalam darah pasien onkologis. Studi lain menunjukkan bahwa orang yang selamat dari kanker payudara yang berolahraga secara teratur – banyak dalam bentuk hiking – percaya bahwa aktivitas fisik melengkapi pemulihan mereka dari perawatan kanker.

Merupakan kegiatan sosial

Pejalan kaki selalu merekomendasikan menggunakan sistem buddy. Pertemuan akhir pekan reguler atau perjalanan jarak jauh yang terencana dapat membantu Anda menjalin ikatan saat Anda bugar. Selain itu, interaksi dengan komunitas pendakian yang lebih besar mendorong Anda untuk terlibat dengan latihan Anda sebagai gaya hidup, daripada tugas, yang akan membuat Anda lebih mungkin bertahan dengan itu untuk jangka panjang.

Tingkatkan kreativitas

Penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar rumah meningkatkan rentang perhatian dan keterampilan memecahkan masalah secara kreatif sebanyak 50 persen. Para penulis penelitian juga menunjukkan bahwa hasilnya mungkin ada hubungannya dengan mencabut teknologi dari saat mereka menghabiskan waktu di luar. Para peneliti dari Sekolah Pascasarjana Pendidikan Universitas Stanford juga menemukan bahwa berjalan membuat jus kreatif mengalir lebih dari sekadar duduk.

Tingkatkan tingkat kebahagiaan dan cegah depresi

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan hiking sebagai terapi tambahan dapat membantu orang dengan depresi berat merasa kurang putus asa, tertekan, dan ingin bunuh diri. Bahkan dapat menginspirasi mereka yang menderita karenanya untuk menjalani gaya hidup yang lebih aktif.

Komune dengan alam

Berada di alam, jauh dari kekacauan kehidupan sehari-hari dan teknologi kita, dapat memungkinkan orang untuk terhubung dengan diri mereka sendiri dan alam dengan cara yang membawa perdamaian dan rasa kesejahteraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *