Wednesday, 18 Sep 2019

Bapak Pramuka Dunia

Robert Stephenson Smyth Baden Powell atau yang biasa kita kenal dengan singkatan B.P lahir bertempat di Paddington Negara London pada tanggal 22 febuari  1857, Beliaulah yang telah mendirikan Gerakan Kepanduan Dunia pertama kali.

Sejak kecil BP adalah anak yang cerdas, penuh kegembiraan, lucu sehingga banyak dusikai oleh teman temannya, disamping itu BP juga mahir dalam bermain piano dan biola, teater, berkemah, mengarang, menggambar, dan berenang.

BP sempat menjadi tentara, banyak sekali pengalaman yang telah beliau ambil diantaranya :

  1. Saat menjadi pembantu Letnan pada 13th Hussars yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang di puncak gunung serta melatih panca indera kepada Kimball O’Hara.
  2. Bersama The Mafeking Cadet Corp, mempertahankan kota Mafeking, Afrika Selatan, meskipun dikepung bangsa Boer selama 127 hari dalam kondisi kekurangan makan. Padahal The Mafeking Cadet Corp hanyalah pasukan pembawa pesan yang tidak berpengalaman menghadapi musuh.
  3. Mengadakan latihan bersama dan bertukar kemampuan survival dengan Raja Dinizulu di Afrika Selatan.

Tahun 1912 BP menikah dengan wanita bernama Olave St Clair Soames, mereka berdua tinggal di Hampshire Inggris dan dikaruniai 3 orang anak.

Di tahun 1930 BP mulai sakit sakitan. BP berserta istrinya memutuskan untuk pindah ke Nyeri Kenya. Pada 8 Januari 1941 BP wafat dan dimakamkan di St Peter, Nyeri Kenya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *