Macam Macam Perkemahan Pramuka

Perkemahan

Pengertian Dan Manfaat Berkemah

Berkemah, berkemah merupakan kegiatan yang sangat amat mengasikkan. Berkemah juga salah satu kegiatan dalam kepramukaan. Kegiatan kemah secara umum banyak dilakukan diluar ruangan ( outdoor). Di dalam kepramukaan berkemah ada berbagai macam jenisnya, akan admin lampirkan beberpa jenis jenis perkemahan.

Berkemah merupakan kegiatan yang tidak mengikis uang terlalu banyak karena disaat berkemah kita tidak perlu memikirkan wahana wisata permainan dan sejenisnya. Yang perlu kita pikir adalah bahan makanan, air karena itu sangat penting.

Manfaat berkemah juga baik bagi diri sendiri diantara berbagai manfaat, berikut adalah salah satunya: dapat mengenal alam, mengagumi alam yang diciptakan Tuhan, menghilangkan rasa jebuh akan aktivitas yang sangat menyibukkan, dan mememukan hal baru yang belum pernah kita dapat sebelumnya.

Tujuan Perkemahan

Memeberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam.

Mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menyadari tidak ada sesuatu yang berlebih di dalam dirinya, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan.
Membina kerjasama dan persatuan dan persaudaraan.

Secara umum orang yang berkemah adalah orang-orang yang mempunyai hobi bertualang, para petualang ini umumnya mereka akan berkemah baik di pantai di gunung maupun di tempat-tempat yang mereka inginkan. Organisasi yang sangat dekat dengan kegiatan berkemah adalah pecinta alam dan pramuka.

Selain itu, ada juga istilah perkemahan yang merupakan kegiatan berkemah secara bersama-sama pada sebuah tempat tertentu. Peserta perkemahan ini umumnya berasal dari organisasi pramuka atau kepanduan lain yang memiliki tujuan untuk berkumpul dan melakukan perlombaan guna mencari peserta terbaik.

Peserta perkemahan pramuka dimulai dari tingkat siaga (tidak menginap hanya sebatas berkumpul dari pagi hingga siang atau lebih sering disebut pesta siaga) sampai dengan pandega, Nantinya, materi perkemahan yang dilombakan disesuaikan dengan tiap jenjangnya.

Perkemahan siaga dilakukan dengan pesta siaga yang hanya dilakukan satu hari saja itupun sampai pukul 12.00 siang. Sedangkan untuk tingkat penggalan dan seterusnya biasanya dilakukan selama tiga hari atau lebih.

Jenis Jenis Perkemahan

  1. Perkemahan satu hari, yaitu perkemahan yang dilakukan hanya satu hari tanpa menginap atau menetap seperti Pesta Siaga. Pesta Siaga merupakan pertemuan pramuka Siaga di bentuk perkemahan besar selama 1 hari (tanpa menginap) dengan berbagai  kegiatan seperti: Permainan Bersama (kegiatan keterampilan kepramukaan yang dikemas dengan permainan), Pameran Siaga, Pasar Siaga (simulasi situasi di pasar yang diperankan oleh Pramuka Siaga), Darmawisata, Pentas Seni Budaya, Karnaval, dll.
  2. Perkemahan dua hari atau yang biasa dikenal PERSAMI, yaitu perkemahan yang dilakukan selama dua hari satu malam dengan tempat yang sama tanpa berpindah pindah tempat.
  3. Perkemahan tiga hari atau PERJUSAMI, yaitu perkemahan yang dilaksanakan selama tiga  hari dua malam dengan tempat yang sama tanpa berpindah pindah tempat.
  4. Perkemahan menetap, yaitu berkemah dengan tempat yang sama atau menetap tanpa berpindah pindah lokasi.
  5. Perkemahan safari, atau biasa kita kenal dengan safari camp, perkemahan ini dilakukan secara berpindah pindah tempat, biasanya saat melakukan perjalanan jauh alangkah baiknya kalau safari camp.

5 jenis perkemahan tadi merupakan jenis perkemahan bedasarkan waktu dan tempat, nah berikut ini adalah jenis perkemahan bedasarkan tujuan dan wilayah satuan Gerakan Pramuka

  1. Perkemahan bakti, contoh dari perkemahan bakti yaitu perkemahan wirakarya, merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar, di rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta di kegiatan pembangunan masyarakat.
  2. Perkemahan pelantikan,  yaitu perkemahan dengan maksud untuk melantik anggota ambalan, melantik Pramuka Penegah Bantara dan sebagainya,
  3. Perkemahan lomba, yaitu perkemahan yang dilaksanakan ketika ada kegiatan lomba, seperti Lomba Tingkat.Lomba Tingkat terdiri atas :LT I (tingkat Gugusdepan)LT II (tingkat kwartir ranting)LT III (tingkat kwartir cabang)

    LT IV (tingkat kwartir daerah)

    LT V (tingkat kwartir nasional)

  4. Perkemahan jambore, yaitu perkemahan seperti jambore rantingm jambore cabang, jambore daerah dan jambore nasional. Merupakan pertemuan Pramuka Penggalang di bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Pramuka. Kegiatan di jambore bersifat rekreatif, riang gembira, dan penuh persaudaraan.
  5. Perkemahan risetatau penelitian.
  6. Perkemahan tingkat Gugus Depan, Ranting, Cabang, Daerah,Nasional, Perkemahan yang dilaksanakan di wilayah tingkatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *