Friday, 13 Dec 2019

Mahasiswa Dan Pandega

Jika seseorang telah masuk mahasiswa atau bisa disebut mahasiswa baru, apakah dia seorang pandega?. Kira kira jawaban kakak kakak apa, iya atau tidak. Perlu diketahui bahwa anggota pramuka bisa disebut Pramuka Pandega jika usia anggota pramuka tersebut telah menginjak usia 21 sampai 25 tahun, dengan telah menjadi calon tamu racana selama 3 bulan dan dilantik sebagai Pramuka Pandega.

Pramuka Pandega adalah golongan pramuka setelah pramuka penegak, Satuan dalam  Pramuka Pandega disebut Racana yang diketuai oleh KDR atau Ketua Dewan Racana.Sebagaimana mestinya, Pramuka Pandega juga mempunyai adat seperti halnya Pramuka Penegak. Setiap Racana mungkin berbeda beda adatnya,  aturan tersebut biasa disebut adat, yang meliputi perilaku sehari-hari, upacara dan prosesi, dan identitas. Pengelolaan dan pelaksanaan adat di racana adalah tanggung jawab pemangku adat. Maksud dari Pandega yaitu pemuka atau ahli.Kode kehormatan seorang Pandega yaitu Trisatya dan Dasa Dharma.

Lantas bagaimana dengan mahasiswa baru yang mengikuti racana?, Jika seorang mahasiswa baru masih berusia dibawah 21 tahun maka masih dibilang Pramuka Penegak. Jadi masih tidak diperbolehkan untuk Pandega. Hal ini diperkuat dengan adanya aturan bahwa Gerakan Pramuka dibedakan bedasarkan usia bukan jenjang pendidikan.

Cukup sekian artikel mengenai Mahasiswa dan Pandega, semoga dapat bermanfaat bagi kita dan masyarakat. Jika bermanfaat silahkan dibagikan kepada teman terdekat kakak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *