Monday, 18 Nov 2019

Materi Pramuka Arti Lambang Kwarda Jawa Tengah

Materi Pramuka Arti Lambang Kwarda Jawa Tengah. Lambang  Kwartir Daerah atau bisa disebut badge digunakan setiap Kwartir Daerah Gerakan Pramuka di Indonesia yang memiliki makna lambang atau arti kiasan. Arti kiasan yang menyiratkan aspirasi, semangat, dan cita-cita pramuka di kwartir daerah tersebut.

Materi Pramuka Arti Lambang Kwarda Jawa Timur

Lambang atau badge kwarda di pasang juga di pakaian seragam pramuka. Digunaka oleh seluruh anggota Pramuka baik anggota Pramuka putra maupun anggota Pramuka putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan di bawah tulisan atau badge kwartir cabang dan tulisan atau badge nomor gugusdepan.

Selain itu lambang kwartir daerah juga sebagai badge wilayah daerah, juga merupakan salah satu tanda satuan bagian dari tanda pengenal dalam Gerakan Pramuka. Sebagai penanda lokasi, wilayah tempat anggota Pramuka tersebut bergabung. Semisal anggota Pramuka tersebut memasang badge Kwartir Daerah Jawa Tengah, dipastikan bahwa anggota Pramuka tersebut berdomisili di wilayah Jawa Tengah.

Lambang Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah

Lambang Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah berbentuk perisasi persegilima atau bersisi lima. terdapat tulisan Jawa Tengah berhuruf kapital disisi atas, berwarna merah berlatar belakang coklat muda. Dibagian bawah tulisan Jawa Tengah terdapat gambar bintang segilima, sepuluh lidah api bewarna merah, padi dan kapas, keris berlekuk tiga, blencong atau sumber api, stupa, stupa, tunas kelapa, yang semuanya memiliki arti kiasan masing masing. Gambar Lambang Kwartir Daerah Jawa Tengah sebagai berikut :

Kwarda jateng
Kwarda Jateng

Makna Arti Kiasan Lambang Kwartir Daerah Jawa Tengah

Seperti yang telah dijelaskan tadi, di dalam lambang Kwartir Daerah Jawa Tengah terdapat gambar gambar gbintang segilima, sepuluh lidah api bewarna merah, padi dan kapas, keris berlekuk tiga, blencong atau sumber api, stupa, stupa, tunas kelapa yang memiliki arti kiasan. Berikut adalah makna atau arti kiasan lambang Kwartir Daerah Jawa Tengah.

  1. Warna cokelat muda dasar lambang
    Memiliki arti keadilan dan kemakmuran masyarakat Jawa Tengah
  2. Tulisan Jawa Tengah berwarna merah
    Memiliki arti keberanian
  3. Bintang segilima
    Memiliki arti kepemimpinan luhur berdasarkan Pancasila
  4. Sepuluh lidah api berwarna merah
    Memiliki arti dasadarma yang akan dipertahankan secara bersama
  5. Padi dan kapas
    Memiliki arti keadilan dan kemakmuran
  6. Keris berlekuk tiga
    Memiliki arti Trisatya
  7. Blencong
    Memiliki arti sumber penerangan pada tingkah laku
  8. Stupa
    Memiliki arti tingginya budaya Jawa Tengah
  9. Cikal tunas kelapa
    Memiliki arti Pramuka sebagai cikal bakal bangsa Indonesia

Itulah Materi Pramuka Arti Lambang Kwarda Jawa Tengah. Semoga dengan mengetahui makna dan arti yang terkandung dapat memberikan motivasi, semangat, dan jiwa bagi setiap pemakainya.Tidak hanya menjadi secarik kain yang menempel di lengan baju. Sekian artikel yang berjudul Materi Pramuka Arti Lambang Kwarda Jawa Tengah. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan mengenai Lambang Kwartir Daerah Gerakan Pramuka di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *