Sunday, 18 Aug 2019

Materi Pramuka Benar Apa Tidak Mitos Mengenai P3K

Materi Pramuka Benar Apa Tidak Mitos Mengenai P3K. Gerakan Pramuka mempunyai andil yang tidak ternilai dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jiwa ksatria yang patriotik telah mengantarkan para pandu kemedan juang dengan saling bahu membahu.

Pada kali ini admin akan share artikel atau materi mengenai benarkah mitos mitos mengenai P3K berikut ini, penjelasannnya ada pada artikel ini. Sebelum masuk dalam topik pembahasan, baiknya mari kita kenali apa itu P3K, apa sebenarnya tujuan dari P3K. P3K adalah singkatan dari Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, pertolongan pertama yaitu penanganan darurat pada seseorang atau korban yang mengalami kesakitan, luka, atau cedera sebelum mendapatkan penanganan secara medis oleh orang yang ahli ( Dokter, Suster, Paramedis ).

Tujuan dari Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan adalah untuk meringankan penderitaan pada si korban, mencegah infeksi dan pendarahan, dan mencegah bahasay cacat dan kematian. Utamanya adalah bukan berarti mengobati korban melainkan menyelenggarakan pertolongan pertama sementara menunggu penanganan secara medis atau yang lebih ahli.

Sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari hal hal yang dianggap kurang tepat dalam penanganan kecelakaan. Baik akan dijelaskan pada artikel ini.

  1. Benarkah mengobati luka bakar bisa dengan mentega.

Sebenarnya hal yang harus dilakukan ketika terkena luka bakar adalah rendam atau basuh bagian luka bakar dengan air kira kira selama 10 menit untuk mengurangi rasa sakit kemudian tutup dengan kain bersih yang lembut untuk menghindari infeksi dan memberikan rasa dingin, namun jika luka yang cukup besar lebih baik dibawa ke ruma sakit atau dokter agar mendapat penanganan khusus.

  1. Jika terjadi mimisan kepala diangkat kebelakang.

Menegakan kepala kebelakang ketika terjadi mimisan dapat mengakibatkan darah masuk kebagian dalam hidung dan masuk ke tenggorokan, memungkinkan juga dapat masuk ke perut. Atau banyak yang beranggapan dengan mengkompres dengan air es untuk menghentikan pendarahan. Seharusnya jika seseorang sedang mimisan biarkan untuk menunduk serta dipijit bagian  lunak hidung.

  1. Harus muntah ketika menelan racun.

Sebaiknya ketika seseorang menelan racun adalah mencari pertolongan medis dan mencari tau jenis racun apa yang tertelan.

  1. Pembalutan luka cara terbaik untuk merawat luka.

Sebenarnya jika kita melakukan pembalutan pada luka kita bisa saja tak sengaja menghilangkan bagian tubuh yang berfungsi menutup luka  secara alami dan bisa membuat pendarahan semakin parah. Sebaiknya tekan saja bagian luka tersebut.

  1. Harus memiliki banyak latihan untuk melakukan pertolongan pertama.

Kita bisa saja mempelajari cara cara pertolongan pertama hanya dalam waktu singkat untuk menyelamatkan seseorang, namun jika berlatih dan terus berlatih akan jauh lebih baik lagi.

Sekian artikel yang dapat admin sampaikan, semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi kakak kakak yang sedang mencari referensi materi materi pramuka, jangan lupa tinggalkan pesan komentar di kolom bawah. Terima kasih dan Salam Pramuka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *