Monday, 18 Nov 2019

Materi Pramuka Hasduk Pramuka

Apasih hasduk itu ?, apakah ada fungsi hasduk ?. Bagi yang belum tau tentang hasduk silahkan disimak. Hasduk pramuka adalah kelengkapan dari seragam pramuka dan bagian dari Tanda Pengenal Gerakan Pramuka. Berbentuk kain segitiga dengan warna dasar putih dan bagian tepi berwarna merah selebar 5 cm. Fungsi dari hasduk secara umum adalah sebagai tanda pengenal seorang anggota pramuka.

Penggunaan hasduk Pramuka kini juga telah di atur dalam Petunjuk Penggunaan Seragam Pramuka  Nomor 174 Tahun 2012, Yang dulunya pramuka putri menggunakan pita tali, sekarang telahmenggunakan hasduk samaseperti putra.

Ukuran Hasduk Pramuka

Sebagaimana disebutkan dalam Jukran Pakaian Seragam No 174 Tahun 2012 memiliki ukuran sebagai berikut :

  • Hasduk Pramuka  Pramuka Siaga Putra dan Putri berukuran 90 cm
  • Hasduk Pramuka Pramuka Penggalang Putra dan Putri berukuran 100-120 cm
  • Hasduk Pramuka  Pramuka Penegak dan Pandega berukuran 120-130 cm
  • Hasduk PramukaPramuka Dewasa berukuran 120-130 cm.

Mengapa Hasduk Berbentuk Segitiga ?

Apakah kakak pernah terfikirkan, mengapa hasduk yang kita pakai berbentuk segitiga ?.Hasduk berbentuk segitiga  artinya adalah menunjukan setiap anggota  Pramuka dapat  antara menjalin hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam, dan manusia dengan Allah SWT. Ujung kacu sebelah kanan, artinya adalah hubungan manusia dengan manusia, ujung kacu sebelah kiri, artinya adalah hubungan manusia dengan alam,  ujung kacu sebelah atas, artinya adalah hubungan manusia dengan Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *