Materi Pramuka Lambang WOSM Lengkap

wosm

Apa yang kamu ketahui tentang Lambang WOSM ?, WOSM adalah Organisasi Kepramukaan  Sedunia,kepanjangan dari WOSM adalah  World Organization of the Scout Movement.  Lambang ini berbentuk bunga lili dengan tiga ujung, kompas, dua bintang, warna putih, warna dasar ungu dengan dilingkari tali bersimpul mati. Lambang WOSM tentunya dibuat oleh pelopor kepanduan dunia yaitu Baden Powell.

Organisasi Gerakan Kepanduan Dunia (WOSM ) adalah organisasi kepanduan internasional terbesar. WOSM memiliki 170 anggota. Anggota-anggota ini diakui sebagai organisasi kepanduan nasional, yang secara kolektif memiliki lebih dari 50 juta peserta. WOSM didirikan pada tahun 1922, dan memiliki kantor pusat operasional di Kuala Lumpur, Malaysia dan kursi hukumnya di Jenewa, Swiss. Ini adalah mitra dari World Guides and Girl Scouts (WAGGGS).

Misi WOSM yang saat ini dinyatakan adalah “untuk berkontribusi pada pendidikan kaum muda, melalui sistem nilai berdasarkan Scout Promise dan Scout Law, untuk membantu membangun dunia yang lebih baik di mana orang merasa puas diri sebagai individu dan memainkan peran konstruktif dalam masyarakat “. WOSM diatur ke dalam wilayah dan beroperasi dengan konferensi, komite, dan biro.

WOSM dikaitkan dengan tiga Pusat Kepanduan Dunia. Jambore Pramuka Dunia diadakan kira-kira setiap empat tahun di bawah naungan WOSM, dengan anggota WAGGGS juga diundang. WOSM juga menyelenggarakan World Scout Moot, sebuah Jambore untuk anak berusia 17 hingga 26 tahun, dan telah menyelenggarakan World Scout Indaba, sebuah pertemuan untuk para pemimpin Scout. World Scout Foundation adalah dana abadi yang dikelola oleh Dewan Gubernur yang terpisah dan didukung oleh sumbangan untuk pengembangan program Kepramukaan terkait WOSM di seluruh dunia.

Dalam Gerakan Pramuka Idonesia, lambang WOSM digunakan untuk logo kop surat pramuka, dan logo resmi yang dipasang di seragam Pramuka.

WOSM
WOSM

Berikut Merupakan Arti Kiasan Lambang WOSM

  • Bunga dengan tiga ujung Memiliki arti yaitu janji pandu atau Scout Promise.
  • Dua bintang Memiliki arti bahwa setiap anggota pramuka harus bisa menjadi penerang, mau bergotong royong, mau membantu.
  • Kompas dengan jarum jam menunjuk arah utara Memiliki arti bahwa setiap anggota Pramuka harus berbuat kebaikan dan menjadi pribadi yang dipercaya orang lain, serta dapat menjadi petunjuk jalan.
  • Tali yang melingkar dengan ujung simpul mati Memiliki arti bahwa diantara anggota Pramuka mampu menjaga hubungan persaudaraan dengan sesama anggota Pramuka lainnya, dapat membuat hubungan persaudaraan dengan anggota Pramuka di negara lain pula.
  • Warna putih Memiliki arti bahwa anggota Pramuka memiliki hari yang bersih, suci.
  • Warna dasar ungu Memiliki arti bahwa anggota Pramuka mempunyai keterampilan kepemimpinan dan suka menolong.

 Cara Pemasangan Lambang WOSM

Prmasangan logo WOSM dalam pakaian atau seragam Pramuka adalah dipasang di atas saku sebelah kanan berbentuk persegi untuk Pramuka putra dan untuk Pramuka putri dipasang di ujung kera seragam pramuka berbentuk lingkaran.

1 thought on “Materi Pramuka Lambang WOSM Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *