Tuesday, 22 Oct 2019

Materi Pramuka Pendidikan Di Alam Terbuka

Pendidikan luar ruangan biasanya mengacu pada pembelajaran terorganisir yang berlangsung di luar ruangan. Program pendidikan luar ruangan kadang-kadang melibatkan pengalaman tinggal di hutan belantara atau perjalanan di mana siswa berpartisipasi dalam berbagai tantangan petualang dan kegiatan di luar ruangan seperti hiking, memanjat, kano, kursus tali, dan permainan kelompok. Pendidikan luar ruang mengacu pada filosofi, teori, dan praktik pendidikan pengalaman dan pendidikan lingkungan.

Pendidikan luar ruang dapat secara sederhana didefinisikan sebagai pengalaman belajar di, untuk, atau tentang di luar ruangan. Akan tetapi, istilah ‘pendidikan luar ruang’ digunakan secara luas untuk merujuk pada serangkaian kegiatan terorganisir yang berlangsung dalam berbagai cara di lingkungan luar yang didominasi. Definisi umum dari pendidikan luar sulit untuk dicapai karena interpretasi bervariasi sesuai dengan budaya, filsafat, dan kondisi lokal.

Pendidikan luar ruang sering disebut sebagai sinonim dengan pembelajaran luar ruang, sekolah luar ruang, sekolah hutan dan pendidikan hutan belantara. Pendidikan luar ruang sering menggunakan atau memanfaatkan elemen terkait dan / atau menginformasikan bidang terkait. Ciri pendidikan luar adalah fokusnya pada sisi “luar” dari pendidikan ini; sedangkan pendidikan petualangan akan fokus pada sisi petualangan dan pendidikan lingkungan akan fokus pada lingkungan. Pendidikan ekspedisi melibatkan ekspedisi ke hutan belantara “di mana manusia hanyalah pengunjung.” Semua kegiatan ini biasanya melibatkan pendidikan pengalaman.

Pendidikan di luar kelas

“Pendidikan di luar kelas” menggambarkan pembelajaran kurikulum sekolah, selain dengan kelas siswa duduk di ruangan dengan guru dan buku-buku. Ini mencakup kunjungan lapangan biologi dan mencari serangga di taman sekolah, serta kegiatan dalam ruangan seperti mengamati kontrol stok di toko lokal, atau mengunjungi museum. Ini adalah konsep yang saat ini menikmati kebangkitan karena pengakuan manfaat dari gaya yang lebih aktif. Komite Pendidikan dan Keterampilan dan menghidupkan sejarah dan seni, mengembangkan keterampilan sosial, dan secara jelas meningkatkan geografi dan sains.

Terlepas dari bukti yang mendukung perluasan pembelajaran di luar ruangan untuk anak-anak, ada sejumlah hambatan di jalan. Salah satu kendala ini adalah penghindaran risiko di antara guru, orang tua dan yang lainnya, menimbulkan keengganan untuk tugas-tugas yang beragam dan fisik tersebut. Wartawan Tim Gill telah menulis tentang penghindaran risiko orang tua dan institusional yang memengaruhi banyak kegiatan dengan anak-anak di bukunya “No Fear”. Kendala lain adalah tingginya biaya untuk memfasilitasi pembelajaran di luar ruangan. Namun, menciptakan lingkungan belajar di luar ruang tidak perlu banyak biaya. Tahap Kerangka Kerja Tahun Awal Inggris, yang menguraikan praktik terbaik dalam pengajaran Tahun Awal, menegaskan bahwa: “Belajar di luar ruangan lebih efektif ketika orang dewasa fokus pada apa yang perlu dilakukan anak-anak daripada apa yang perlu dimiliki anak-anak. Suatu pendekatan yang mempertimbangkan pengalaman daripada peralatan menempatkan anak-anak di pusat pembelajaran dan memastikan bahwa pembelajaran dan kebutuhan perkembangan anak-anak individu diperhitungkan dan dipenuhi secara efektif “

Tujuan

Beberapa tujuan khas pendidikan luar adalah untuk:

  1. pelajari cara mengatasi kesulitan
  2. meningkatkan pengembangan pribadi dan sosial
  3. mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan alam.
  4. Pendidikan luar ruang mencakup tiga bidang diri, yang lain, dan dunia alami.

Program pendidikan luar ruang dapat, misalnya, menekankan satu (atau lebih) dari tujuan ini untuk:

  1. mengajarkan keterampilan bertahan hidup di luar ruangan
  2. meningkatkan keterampilan pemecahan masalah
  3. mengurangi residivisme
  4. tingkatkan kerja tim
  5. mengembangkan keterampilan kepemimpinan
  6. memahami lingkungan alami
  7. mempromosikan kerohanian

Pendidikan luar ruang sering digunakan sebagai sarana untuk menciptakan rasa tempat yang lebih dalam bagi orang-orang dalam suatu komunitas. Perasaan tempat dimanifestasikan melalui pemahaman dan koneksi yang dimiliki seseorang dengan area di mana mereka tinggal. Perasaan tempat adalah aspek penting dari lingkunganisme serta keadilan lingkungan karena itu membuat pentingnya mempertahankan ekosistem tertentu yang jauh lebih pribadi bagi seorang individu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *