Sunday, 18 Aug 2019

Materi Pramuka Pengertian Peta

Materi Pramuka Pengertian Peta. Pengertian secara umum mengenai peta adalah sebuah gambar permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu. Bedasarkan jenisnya peta dibagi beberapa macam peta topografi, peta korografi, peta dunia, peta tematik, peta dua dimensi, peta tiga dimensi, peta digital. Dalam kepramukaan peta dibedakan atas peta pita, peta lokasi, peta perjalanan, peta lapangan, peta panorama. Artikel kali ini akan menjelaskan pengertian peta dan jenis jenis peta dalam kepramukaan.

Fungsi dari peta antara lain untuk menunjukan gambar suatu lokasi atau wilayah, menggambarkan bentuk permukaan bumi, menggambarkan kondisi fisik sosial di suatu wilayah.

Peta Pita

Pengertian dari peta pita adalah gambaran keadaan suatu wilayah dalam suatu perjalanan yang digambar di kertas yang menyerupai gulungan pita. Peta pita sangalah penting untuk dipahami bagi anggota Pramuka, berguna untuk mengembangkan dan menumbuhkan cinta alam dan perduli lingkungan, disebut peta pita karena teknik penggambarannya dimulai dari bawah kertas dan digulung seperti pita. Kegunaan dari peta pita adalah sebagai petunjuk perjalanan, meminimalisir terjadinya sesat dijalan.

Peta Lokasi

Peta lokasi adalah peta yang bertujuan untuk menunjukan suatu lokasi, daerah, wilayah. Teknik penggambaran peta lokasi harus dibuat denan sedemikian rupa, sehinnga atas yang terletak diatas menunjukan arah utara. Kegunaan dari peta ini adalah sebagai petunjuk perjalanan, meminimalisir terjadinya sesat dijalan.

Peta Panorama

Peta panorama adalah peta yang berguna untuk menggambar suatu medan alam dalam bentuk sketsa atau gambar sederhana yang menunjukan suatu daerah. Kegunaan dari peta ini adalah sebagai petunjuk perjalanan, meminimalisir terjadinya sesat dijalan.

Peta Perjalanan

Peta perjalanan adalah peta yang hampir mirip dengan peta pita, namun perbedaanya cara pembuatannya dalam bentuk lain. Peta perjalanan dibuat untuk mengetahui bentuk rute perjalanan yang telah dilakukan.  Kegunaan dari peta ini adalah sebagai petunjuk perjalanan, meminimalisir terjadinya sesat dijalan.

Peta Lapangan

Peta lapangan adalah peta yang menggambarkan bentuk dan luas lapangan suatu tempat, misalnya lapangan perkemahan, lokasi dalam skala yang lebih kecil.  Tujuan dari pembuatan peta lapangan adalah untuk menggambarkan kondisi atau keadaan suatu lapangan atau daerah sekitar. Yang perlu diperhatikan saat menggambar peta lapangan yaitu penentuan skala, penentuan batas sudut lapangan, penentuan jarak, dan yang terakhir penggambaran lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *