Monday, 18 Nov 2019

Materi Pramuka Sistem Among

Materi Pramuka Sistem Among. Gerakan Pramuka mempunyai andil yang tidak ternilai dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jiwa ksatria yang patriotik telah mengantarkan para pandu kemedan juang dengan saling bahu membahu.

Diluar Indonesia Gerakan Pramuka dikenal dengan sebutan Scout. Dan organisasi kepanduan dunia adalah WOSM ( Word Organization Of The Scout Movement ). Organisasi yang mengorganisir kepanduan kepanduan diseluruh dunia. Didirikan pada taun 1920 berkantor pusat di Kota Genewa, Switzerland. WOSM menjadi peran positif untuk pembinaan pemuda melalui Janji dan Dharma Pandu.

Kepanduan atau yang kita kenal sekarang dengan sebutan Gerakan Pramuka masuk ke indonesia sejak masa masa Hindia – Belanda. Dengan begitu cepatnya Kepanduan mudah diterima oleh bangsa kita karena sifatnya yang universal.

Pada kali ini admin akan share artikel atau materi mengenai sistem among, jadi apa sih sebenarnya sistem among itu ?, penjelasannnya ada pada artikel ini. Sistem Among adalah suatu cara pelaksanaan pendidikan di Gerakan Pramuka, pencetusnya sendiri dari pemikiran Raden Mas Suwardi Suryaningrat , siapakah beliau ? beliau adalah Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan dan pendiri Perguruan Taman Siswa.

Sedikit mengetahui tentang Ki Hajar Dewantara, beliau pernah menjabat menjadi Menteri Pendidikan pada masa Kabinet RI yang pertama. Beliau lahir pada tanggal 2 Mei 1889, dan wafat pada tanggal 28 Mei 1959.

“ Among “ yang artinya mengasuh, menjaga atau memelihara. Lalu orang yang melakukannya disebut PAMONG, bagaimana Sistem Among tersebut, baik berikut adalah kalimat Sistem Among.

ING NGARSO SUNG TULODO
ING MADYA MANGUN KARSO
TUT WURI HANDAYANI

Nah, mari kita artikan kalimat per kalimat. ING NGARSO SUNG TULODO yang artinya di depan memberi teladan. ING MADYA MANGUN KARSO yang artinya ditengah ikut membangun atau melaksanakan. TUT WURI HANDAYANI yang artinya dibelakang memberi dorongan.

Sekian artikel yang dapat admin sampaikan, semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi kakak kakak yang sedang mencari referensi materi materi pramuka, jangan lupa tinggalkan pesan komentar di kolom bawah. Terima kasih dan Salam Pramuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *