Sunday, 18 Aug 2019

Materi Pramuka Tugas Pokok, Tujuan Dan Fungsi Pramuka

Pramuka adalah Organisasi Kepanduan yang telah disahkan oleh Presiden RI. Scouting yang di kenal di Indonesia dikenal dengan istilah Kepramukaan, dikembangkan oleh Lord Baden Powell sebagai cara membina kaum muda di Inggris.Pada kurun waktu tahun 1950-1960 organisasi kepanduan tumbuh banyakdan beragam. pembubaran organsiasi kepanduan di Indonesia dan meleburnya ke dalam suatu organisasi gerakan pendidikan kepanduan yang tunggal bernama GERAKAN PRAMUKA.

Pada kesempatan ini akan admin jelaskan tentang Tugas Pokok Tujuan dan Fungsi Gerakan Pramuka. Tugas Pokok Tujuan dan Fungsi Gerakan Pramuka sudah kita ketahui telah di jelaskan dalam UU No. 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka dan dalam AD & ART Gerakan Pramuka.

Tugas Pokok Gerakan Pramuka

Tugas Pokok Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi pemuda Indonesia, tujuan Gerakan Pramuka sehinga dapat membentuk tenaga kader pembangunan yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelengarakan pembangunan masyarakat, bangsa dan Negara. Dalam melaksanakan pendidikan kepramukaan,Gerakan Pramuka selalu memperhatikan keadaan, kemampuan, kebutuhan minat peserta didik nya. Penyelenggaraan pendidikan kepramukaan tersebut dilaksanakan dengan bimbingan anggota dewasa.

Tujuan Gerakan Pramuka

Adapun tujuan dari Gerakan Pramuka yaitu membentuk setiap Pramuka agar dapat menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa. Memiliki akhlak mulia, mempunyai jiwa patriotisme, taak hukum, serta disiplin. Dan juga menjadi kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Indonesia. Jasmani yang sehat dan kuat dan perduli terhadap lingkungan hidup.

Fungsi Gerakan Pramuka

Adapun Fungsi Gerakan Pramuka yaitu sebagai organisasi pendidikan yang bersifat non formal di luar sistem pedidikan sekolah yang bersifat formal. Gerakan Pramuka  dapat sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kaum muda yang dilandasi dengan Sistem Among, Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *