Thursday, 12 Dec 2019

Organisasi Gerakan Kepanduan Dunia (WOSM )

Organisasi Gerakan Kepanduan Dunia (WOSM ) adalah organisasi kepanduan internasional terbesar. WOSM memiliki 170 anggota. Anggota-anggota ini diakui sebagai organisasi kepanduan nasional, yang secara kolektif memiliki lebih dari 50 juta peserta. WOSM didirikan pada tahun 1922, dan memiliki kantor pusat operasional di Kuala Lumpur, Malaysia dan kursi hukumnya di Jenewa, Swiss. Ini adalah mitra dari World Guides and Girl Scouts (WAGGGS).

Misi WOSM yang saat ini dinyatakan adalah “untuk berkontribusi pada pendidikan kaum muda, melalui sistem nilai berdasarkan Scout Promise dan Scout Law, untuk membantu membangun dunia yang lebih baik di mana orang merasa puas diri sebagai individu dan memainkan peran konstruktif dalam masyarakat “. WOSM diatur ke dalam wilayah dan beroperasi dengan konferensi, komite, dan biro.

WOSM dikaitkan dengan tiga Pusat Kepanduan Dunia. Jambore Pramuka Dunia diadakan kira-kira setiap empat tahun di bawah naungan WOSM, dengan anggota WAGGGS juga diundang. WOSM juga menyelenggarakan World Scout Moot, sebuah Jambore untuk anak berusia 17 hingga 26 tahun, dan telah menyelenggarakan World Scout Indaba, sebuah pertemuan untuk para pemimpin Scout. World Scout Foundation adalah dana abadi yang dikelola oleh Dewan Gubernur yang terpisah dan didukung oleh sumbangan untuk pengembangan program Kepramukaan terkait WOSM di seluruh dunia.

WOSM adalah organisasi non-pemerintah dengan Status Konsultasi Umum untuk Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (ECOSOC).

Sejarah

Sebagai hasil dari konferensi internasional yang diadakan selama Jambore Pramuka Dunia pertama di Olympia, London pada tahun 1920, para pemimpin di sana setuju untuk membuat Biro Internasional Kepanduan Pramuka (BSIB). Sebuah kantor didirikan di 25, Buckingham Palace Road, London, dan Komisaris Internasional Asosiasi Pramuka Inggris Raya, Hubert S. Martin, diangkat sebagai Direktur Kehormatan. Tugas pertama biro adalah mengoordinasikan diskusi dan menyiapkan konferensi internasional kedua di Paris pada tahun 1922.  Pada konferensi Paris 1922 Konferensi Internasional Gerakan Pramuka, komite dan BSIB dibentuk oleh organisasi anggota pendiri.  Pada tahun 1961 Konferensi Internasional Gerakan Pramuka membentuk kembali organisasi yang memperkenalkan nama Organisasi Gerakan Pramuka Dunia (WOSM). Konferensi Internasional Gerakan Pramuka menjadi Konferensi Kepramukaan Dunia WOSM, Komite Internasionalnya menjadi Komite Kepramukaan Dunia dan Biro Internasional Pramuka menjadi Biro Kepanduan Dunia WOSM.

World Scout Bureau

(WSB, sebelumnya Biro Internasional) adalah sekretariat yang melaksanakan instruksi Konferensi Kepanduan Dunia dan Komite Kepanduan Dunia. WSB dikelola oleh sekretaris jenderal, yang didukung oleh staf kecil sumber daya teknis. Staf biro membantu asosiasi meningkatkan dan memperluas Kepramukaan mereka dengan melatih profesional dan sukarelawan, menetapkan kebijakan keuangan dan teknik penggalangan dana, meningkatkan fasilitas dan prosedur masyarakat, dan membantu menyusun sumber daya nasional dari masing-masing negara di belakang Kepramukaan.

Staf juga membantu mengatur acara global seperti Jambore Pramuka Dunia, mendorong acara regional, dan bertindak sebagai penghubung antara Gerakan Kepanduan dan organisasi internasional lainnya. Upaya besar di negara-negara berkembang adalah perluasan Good Turn universal menjadi upaya organisasi untuk pengembangan masyarakat.

Lokasi

Biro ini pertama kali didirikan di London, Inggris pada tahun 1920 dan pindah ke Ottawa, Ontario, Kanada pada tahun 1959. Konferensi Internasional mengarahkan perpindahan Biro dari Ottawa ke Jenewa pada 1 Mei 1968.  Pada Agustus 2013, WOSM mengumumkan relokasi Kantor Pusat Biro Kepanduan Dunia (WSB-CO) ke Kuala Lumpur di mana ia sekarang berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *