Pengertian Organisasi

Apa Itu Organisasi

Organisasi adalah sebuah integrasi anggota angota spesial yang sangat rasional dan impersonal (adil) yang bekerja sama (kooperasi) untuk mencapai tujuan tujuan spesifik yang telah diumumkan. Organisasi adalah rumah, dimana bisa diartikan sebagai tempat tinggal. Agar organisasi bisa berdiri dengan kokoh maka rumah ( organisasi ) tersebut harus memiliki susunan susunan diantaranya.

Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.

  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama .
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.[1] Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat di sekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur. (dikutip dari Wikiperdia)

Organisasi Adalah Rumah

Dalam arti umum, rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, tetapi untuk istilah tempat tinggal yang khusus bagi hewan adalah sangkar, sarang, atau kandang. Dalam arti khusus, rumah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain. (dikutip dari Wikipedia)

Pondasi

Maksud dari pondasi disini adalah sekumpulan atau sekelompok orang disebuah organisasi. Organisasi tidak akan terbentuk jika tidak ada orang orang di dalamnya.

Tiang

Tiang dari visi dan misi. Umumnya setiap bangunan mempunyai tiang yang fungsinya sebagai penyangga. Jadi, visi dan misi adalah tiang penyangga sebuah organisasi. Visi dan misi sangat wajib dipunyai oleh sebuah organisasi, jika dalam organisasi tidak mempunyai visi dan misi maka orang orang didalamnya tidak tau kemana arah dan tujuan organisasi tersebut.

Dinding

Dinding, dari sudut satu ke sudut lainnya saling menyambung. Dalam organisasi dinding dapat diartikan sebagai rasa kebersamaan. Rasa kebersamaan sangat penting sekali dimiliki setiap orang di organisasi. Jika setiap orang tidak mempunyai rasa kebersamaan layaknya sebuah dinding yang ditengah tengahnya terdapat lubang.

Atap

Maksud dari atap disini adalah rasa saling memiliki. Setiap orang dalam organisasi setidaknya mempunyai rasa saling memiliki agar rukun satu sama lain dan saling bertanggung jawab atas apa yang dilakukan bersama.

Perabot

Perabot yaitu benda benda baik elektronik atau bukan elektronik  atau barang barang perlengkapan rumah tangga yang terdapat di rumah. Makna perabot dalam organisasi adalah kegiatan, apa saja yang akan dilakukan dalam organisasi tersebut. Jika dalam sebuah organisasi tidak mempunyai susunan kegiatan maka layaknya rumah tanpa perabot sepi, hampa, dan kosong.

Cat

Cat berfungsi untuk memberikan warna pada permukaan benda, mempercantik atau memperindah rumah, memberi nuasa tertentu pada ruangan. Dalam organisasi juga harus mempunyai cat layaknya rumah, guna mempercantik organisasi, memberikan suasana tertentu. Cat dalam organisasi memiliki arti keinginan hati setiap orang dalam organisasi.

Bagaimana caranya menjadikan organisasi sebagai rumah yang nyaman ?

Dengan cara kita harus memiliki rasa kebersamaan saling membantu, bergotong royong, saling bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan bersama. Dengan adanya rasa kebersamaan yang kuat dan rasa memiliki antara satu sama lainnya yang membuat suatu organisasi menjadi rumah yang nyaman, karena adanya rasa kebersamaan dan rasa saling memiliki maka mereka bisa menjadi saudara yang rukun.

Organisasi adalah seni dimana kita yang mengenalinya dan memeluknya untuk mengibarkannya. Bukan organisasi yang kehilangan kita namun kita yang kehilangan mereka bila kita raib menjauh darinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *