Pengertian Pramuka Penggalang

Pengertian Pramuka Penggalang

Siapa yang dulu pernah menjadi Pramuka Penggalang, atau apakah kakak adalah Pramuka Penggalang. Apakah kakak sudah tau apa itu Pramuka Penggalang, Anggota Pramuka yang telah berusia 11 sampai 15 tahun maka dapat disebut pramuka penggalang. Kiranya pramuka penggalang dimulai saat memasukan masa sekolah menengah pertama.

Disebut Pramuka Penggalang karena sesuai dengan kiasan pada masa penggalangan perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia menggalang dan mempersatukan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan adanya peristiwa bersejarah yaitu konggres para pemuda Indonesia yang dikenal dengan ” Soempah Pemoeda” pada tahun 1928 . ( Sumber Pramuka.or.id)

Dalam Pramuka Penggalang terdapat Satuan Kecil  yang disebut regu beranggotakan 5 sampai 10 orang, dari beberapa regu disebut kesatuan. Pemimpin Regu atau Pinru adalah ketua dari satuan regu. Masing masing Pinru akan dipilih menjadi pimpinan regu utama atau Pratama. Pratama yaitu Pemimpin Pasukan yang terdiri dari beberapa regu.

Nama nama regu dalam penggalang diambil dari nama nama hewan misal singa, harimau dll, untuk regu putra. Sedangkan regu putri diambil dari nama nama bunga seperti anggrek, melati dll.

Pelaksanaan aktivitas kepramukaan dilaksanakan dengan Sistem Terpisah untuk satuan putra serta satuan putri. Dimana Pramuka Penggalang putra dikelompokkan dengan Pramuka Penggalang Putra yang ada dan dipisahkan dari satuan Pramuka Penggalang putri. Satuan ini dibina oleh Pembina serta Pembantu Pembina putra juga. Demikian sebaliknya buat satuan Penggalang Putri.

Empat Tingkatan Dalam Pramuka Penggalang Yaitu :

  1. Penggalang Ramu
  2. Penggalang Rakit
  3. Penggalang Terap
  4. Penggalang Garuda

Syarat Kecakapan Khusus dalam Pramuka Penggalang terdapat tiga tingkatan :

  1. Purwa
  2. Madya
  3. Utama

Kode Kehormatan Pramuka Penggalang

Trisatya

      Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

  • Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan pancasila.
  • Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
  • Menepati Dasadarma.

Dasadarma

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  3. Patriot yang sopan dan kesatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, trampil dan gembira.
  7. Hemat, cermat dan bersahaja.
  8. Disiplin, berani dan setia.
  9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya.
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Kegiatan Pramuka Penggalang

Kegiatan dalam tingkatan penggalang antara lain:

Jambore: merupakan pertemuan pramuka penggalang dalam wujud perkemahan besar, serta diadakan bertingkat; Jambore Nasional( Jamnas), Jambore Daerah( Jamda), Jambore Cabang, Jambore Ranting

Lomba Tingkatan, merupakan pertemuan regu- regu Pramuka Penggalang dalam wujud lomba kegiatan kepramukaan. Lomba tingkatan dilaksanakan secara berjenjang diawali dari tingkatan gugusdepan( LT- I), ranting( LT- II), cabang( LT- III), wilayah( LT- IV), nasional( LT- V).

Gladian Pimpinan Regu( Dianpinru), merupakan pertemuan Pramuka Penggalang untuk Pemimpin Regu Utama( Pratama), Pemimpin Regu( Pinru) serta Wakil Pemimpin Regu( Wapinru) Penggalang, yang bertujuan membagikan pengetahuan serta pengalaman di bidang manajerial serta kepemimpinan. Dianpinru diselenggarakan oleh gugusdepan, kwartir ranting ataupun kwartir cabang. Kwartir Daerah serta Kwartir Nasional bisa menyelenggarakan Dianpinru apabila dipandang butuh.

Penjelajahan( Wide Games), merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dalam wujud mencari jejak( orienteenering) dengan memakai tanda- tanda jejak, membuat peta, mencatat bermacam situasi dan dibagi dalam pos- pos. Tiap pos berisi aktivitas keterampilan kepramukaan semacam morse/ semaphore, sandi, tali temali serta sejenisnya. Dalam membuat peta, pramuka penggalang mempunyai cara tertentu semacam peta pita serta peta lapangan. Peta pita dibuat oleh 2 ataupun 3 orang yang umumnya meaancatat posisi atau titik dari kompas bidik, setelah itu orang yang lain hendak mencatat keadaan sekitar dalam suatu meja jalan. Meja lanan sendiri berupa papan seukuran kertas folio yang setelah itu ditempel kertas yang digulung panjang.

Latihan Bersama, merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dari 2 ataupun lebih gugusdepan yang terletak dalam datu kwartir ranting ataupun kwartir cabang mapun kwartir daerah dengan tujuan buat saling tukar menukar pengalaman. Latihan gabungan ini bisa dilaksanakan dalam wujud lomba, semacam baris- berbaris, PPPK, senam pramuka serta sejenisnya.

Perkemahan, merupakan pertemuan Pramuka Penggalang yang dilaksanakan secara reguler, buat mengevaluasi hasil latihan di gugusdepan. Perkemahan diselenggarakan dalam wujud Persami( Perkemahan Sabtu Minggu), Perjusami( Perkemahan Jumat Sabtu Minggu), perkemahan liburan serta sejenisnya.

Jamboree On The Air and Jamboree On The Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *