Friday, 23 Aug 2019

Pionering Hal Wajib Bagi Pramuka

Pionering mungkin kata yang asing bagi orang yang non- Pramuka, tapi sebaliknya bagi Pramuka sangat tidak asing lagi. Pionering adalah kegiatan membuat bangunan dari tali dan tongkat yang dibentuk sesuai obyek yang diinginkan.

Pionering sangat sering dijadikan ajang perlombaan di kepramukaan, biasanya peserta lomba di perintah untuk membuat sebuah bangunan dengan tongkat yang telah ditentukan, misal disediakan 500 tongkat untuk membuat satu bangunan pionering. Pembuatan pioneing contohnya membuat gapura, membuat gardu, jembatan atau bentuk bentuk pionering tiga dimensi, tandu, perlengkapan perkemahan,menara pantau, menara isyarat dan banyak lagi bentuk bentuk yang bisa dibuat. Dalam dunia perlombaan, pionering  dapat dinilai dari segi kerapian tali, kebenaran tali, kekuatan tali dan kecepatan. Pengembangan pionering secara meluas dikembangkan di dunia pertolongan kepada korban bencana dan lain sebagainya. Juga dapat dikembangkan di kegiatan kegiatan outdoor seperti: water rescue, jungle rescue.

Dibalik bangunan pionering yang super megah, tentunya ada ikatan ikatan tali yang membuat bangunan itu kuat dan tidak mudah lepas. Sebagai anggota Pramuka tentunnya harus bisa, tidak hanya bisa tapi juga harus menguasai cara cara membuat ikatan dan membuat simpul simpul Pramuka. Simpul simpul  yang harus dikuasai anggota Pramuka sangat lah banyak, seperti harus bisa simpul pangkal, simpul jangkar, dan lain sebagainya. Macam macam ikatan dalan pionering diantaranya : ikatan palang,ikatan silang, ikatan kaki tiga, ikatan canggah.

Baca juga :
Materi Simpul Pramuka
Materi Pionering

Pramuka tidak hanya tahu tentang pionering tetapi juga mampu membuat pionering dengan menggunakan tali dan tongkat. Jenis tali yang digunakan untuk pionering biasanya menggunakan jenis tali nylon, kelebihan dari tali nylon adalah ringan dan mudah diatur, elastis, mudah dibuat simpul. Namun kekurangan dari tali nylon adalah tidak tahan terhadap masa dan mudah meleleh di suhu yang sangat tinggi.

Tidak lupa untuk kedua alat tersebut yaitu tali dan tongkat perlu diperlakukan khusus, dengan sering membersihkan alat alat tersebut jika terlihat ada kotoran yang melekan pada alat alat tersebut, tempat penyimpanan harus terhindar dari sinar matahari.

Pionering dibagi atas dua macam, yang pertama pionering dan yang kedua mini pionering. Mini pionering merupakan bentuk dari pionering tetapi dalam skala yang lebih kecil dibanding dengan bentuk yang aslinya, dengan menggunakan bahan kayu atau bambu yang di desain sedemikian kecil dan tali atau benang bol.

Banyak sekali manfaat dari kegiatan pionering seperti : memupuk rasa kebersamaan dan kerjasama antar tim atau kelompok, dapat diterapkan di kehidupan sehari hari, mengolah pikiran untuk membuat obyek bagunan menarik melalui pionering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *