Sunday, 18 Aug 2019

Mengetahui Pramuka Siaga

Pramuka Siaga itu Apa sih ?. Kalau tidak tau berarti masa masa sekolah dasarnya tidak pernah mengikuti kegiatan pramuka dimasa itu. Pramuka siaga adalah anggota pramuka yang masih berumur 7 sampai 10 tahun atau kira kira kelas 3 sekolah dasar sampai kelas 6 seklah dasar.

Kode Kehormatan Pramuka Siaga

Pramuka Siaga mempunyai dua kode kehormatan pramuka siaga diantaranya :

1.Dwi Satya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh sungguh :

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, negara kesatuan Indonesia dan mengikuti tata krama keluarga
  2. Setiap hari berbuat kebajikan

2.Dwi Darma

  1. Siaga berbakti kepada ayah dan ibundanya
  2. Siaga berani dan tidak putus asa

Satuan dalam Pramuka Siaga disebut Barung, SSatuan terkecilnya dinamakan ‘Barung’ yang terdiri atas 5 s.d 10 orang Pramuka Siaga dengan dipimpin oleh Pinrung, Pimpinan Barung , Pinrung dibantu oleh WaPinrung atau Wakil Pimpinan Barung. Masing masing Ketua Barung akan memilih salah satu anggota Pramuka Siaga yang disebut Sulung. Pramuka Siaga di bimbing oleh Pembina Pramuka putra yang biasa dikenal denga nama Yanda dan untuk Pembina Putri bernama Bunda

Dalam Pramuka Siaga ada tiga tingkat, yaitu:

  1. Mula
  2. Bantu
  3. Tata

Setiap anggota Barung yang telah menyelesaikan SKU ( Syarat Kecakapan Umum ) berhak mengenakan TKU ( Tanda Kecakapan Umum ) sesuai tingkatannya  yang dikenakan pada lengan baju sebelah kiri dibawah tanda barung berwarna dasar hijau. TKU untuk Siaga berbentuk sebuah janur atau disebut Mancung yakni bunga pohon kelapa yang baru tumbuh Tanda Kecakapan Umum pramuka siaga  dipasang pada lengan baju sebelah kiri sesuai dengan tingkatannya. Bentuk TKU Siaga seperti sebuah janur, janur juga diambil dari dari kebiasaan para pahlawan dahulu untuk memasangkan pangkat seseorang.

Bentuk barisan saat  Upacara adalah lingkaran, dan Pembina berada ditengahnya. Salah satu kegiatan Siaga adalah Pesta Siaga yang berupa Perkemahan satu hari tanpa menginap,biasanya isi kegiatan pekemahan tersebut penuh dengan mata lomba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *