Wednesday, 18 Sep 2019

Sejarah Pramuka Indonesia

Pramuka adalah Organisasi Kepanduan yang telah disahkan oleh Presiden RI. Scouting yang di kenal di Indonesia dikenal dengan istilah Kepramukaan, dikembangkan oleh Lord Baden Powell sebagai cara membina kaum muda di Inggris.Pada kurun waktu tahun 1950-1960 organisasi kepanduan tumbuh banyakdan beragam. pembubaran organsiasi kepanduan di Indonesia dan meleburnya ke dalam suatu organisasi gerakan pendidikan kepanduan yang tunggal bernama GERAKAN PRAMUKA.

Baca juga : Bapak Pramuka Indonesia

Dengan adanya organisasi tersebut, kemudian Belanda mencurigai organisasi tersebut. Akhirnya Belanda melarang organisasi yang menggunakan nama “Padvinder”. Agus Salim kemudian mengganti nama padvinder dengan nama kepanduan. Akhirnya terbentuklah gerakan gerakan kepanduan diantaranya; Kepanduan Bangsa Indonesia ( KBI ), Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia ( BPPKI ).

Saat pemerintahan presiden Soekarno, menyatukan berbagai macam gerakan kepanduan dalam suatu wadah yang sekarang dinamakan Gerakan Pramuka. Keputusan ini ditetapkan melalui Keppres No 238 Tahun 1961 tentang gerakan pramuka, ditanda tangani oleh Pjs. Presiden RI Ir Juanda pada tanggal 20 Mei 1961. Sebagai mana mestinya,Bapak Pramuka Dunia adalah Baden Powell, perintis gerakan pramuka di dunia.

Bapak Pramuka Indonesia yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Beliau lahir di Sompilan, Ngasem, Yogyakarta, 12 April 1912. Beliau adalah Raja Kasultanan Yogyakarta dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau juga Wakil Presiden RI yang kedua pada tahun 1973- 1978. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada tahun 1961 – 1978.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *