Siapakah Pencipta Hymne Pramuka ?

Siapakah Pencipta Hymne Pramuka _

Kakak tau tidak siapa yang menciptakan Hymne Pramuka ?, padahal kita sering menyanyikannya disetiap pertemuan pramuka. Penemu Hymne Pramuka yaitu Kak Muhammad Husein atau yang lebih dikenal dengan nama H. Mutahar. Beliau lahir  di Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 5 Agustus 1916 , meninggal di Jakarta, 9 Juni 2004 pada umur 87 tahun. Beliau adalah pencipta lagu Hymne Pramuka yang sampai saat ini masih digunakan oleh Gerakan Pramuka Indonesia.

Berikut adalah lirik Hymne Pramuka

Hymne Pramuka

Kami Pramuka Indonesia

Manusia Pancasila

Satyaku kudharmakan, dharmaku kubaktikan

agar jaya, Indonesia,

Indonesiatanah air ku

Kami jadi pandumu

Kak H Mutahar aktif dalam kegiatan kepramukaan. Beliau merupakan seorang tokoh utama Pandu Rakyat Indonesia, gerakan kepanduan independen yang berhaluan nasionalis. Beliau juga dikenal anti-komunis, beliau juga menciptakan berbagai lagu lagu yang sebagian mungkin kita pernah tau atau mendengarnyadan sebagian belum pernah. Lagu lagu lain  ciptaan Dari Kak H Mutahar tidak hanya Hymne Pramuka saja, masih banyak karya lagu dari beliau diantaranya

  1. Gembira
  2. Tepuk Tangan Silang-silang
  3. Mari Tepuk
  4. Slamatlah
  5. Jangan Putus Asa
  6. Hymne Pramuka
  7. Saat Berpisah
  8. Hymne Syukur
  9. Mars Hari Kemerdekaan
  10. Dirgahayu Indonesiaku

Selaku salah seorang ajudan Presiden, Mutahar diberi tugas menyusun upacara pengibaran bend

H.Mutahar
H.Mutahar

era kala Republik Indonesia memperingati hari ulang tahun awal kemerdekaan, 17 Agustus 1946. Menurut pemikirannya, pengibaran bendera hendaknya dilakukan para pemuda yang mewakili daerah- daerah Indonesia. Dia kemudian memilah 5 pemuda yang berdomisili di Yogyakarta( 3 pria serta 2 wanita) sebagai wakil wilayah mereka.

Pada tahun 1967, sebagai direktur jenderal urusan pemuda serta Pramuka, Kementerian Pembelajaran serta Kebudayaan, Mutahar dimohon Presiden Soeharto untuk menyusun tata metode pengibaran Bendera Pusaka. Tata metode pengibaran Bendera Pusaka disusunnya buat dikibarkan oleh satu pasukan yang dipecah jadi 3 kelompok. Kelompok 17 sebagai pengiring ataupun pemandu; kelompok 8 bagaikan kelompok inti pembawa bendera; kelompok 45 bagaikan pengawal. Pembagian jadi 3 kelompok tersebut ialah simbol dari bertepatan pada Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Mutahar wafat dunia di Jakarta pada umur hampir 88 tahun, 9 Juni 2004 akibat sakit tua. Sepanjang hidupnya dia tidak sempat menikah. Jenazahnya dimakamkan di Pemakaman Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

2 thoughts on “Siapakah Pencipta Hymne Pramuka ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *