Tuesday, 22 Oct 2019

Tips Agar Berkemahmu Terasa Nyaman

Berkemah adalah kegiatan yang sangatlah menyenangkan, bahkan para remaja pun di hari liburnya memanfaatkan waktu mereka dengan berkemah. Entah itu naik ke puncak gunung atau ke pantai. Banyak sekali tujuan berkemah diantaranya untuk rutinitas pengganti di hari libur dengan melakukan kegiatan di alam bebas.

Pada umumnya di Indonesia berkemah dengan menggunakan tenda, tapi ada juga looh diluar negeri kegiatan berkemah menggunakan mobil atau karavan, sayangnya berkemah menggunakan karavan belum begitu populer di Indonesia.

Dimanapun kita melakukan kegiatan perkemahan, alangkah baiknya untuk selalu memperhatikan keamanan diri dan lingkungan. Aturan bagi orang yang berkemah adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Sebelum berkemah alangkah baiknya untuk membuat perencanaan atau planning dahulu. yaitu menyiapkan
1. Transportasi dan anggaran biaya
2. Peralatan logistik
3. Tempat mana yang akan dituju
4. Bahan makanan dan minuman dsb.

Berikut adalah tips berkemah

  1. Dirikan Tenda Sebelum Gelap

    Dikarenakan jika mendirikan tenda saat kegelapan kendalanya adalah minimnya pencahayaan, jadi dirikanlah tendamu sebelum gelap.

  2. Persiapkan Tempat Untuk Tidur

    Persiapkan juga matras sleeping bed atau kantung tidur, agar ketika hendak memulai tidur akan terasa nyaman.

  3. Persiapan Perlengkapan

    Wajib untuk setiap orang yang ingin berkemah harus menyiapkan perbekalan makan dan minum.

  4. Perapian

    Ingat pepatah ” Jangan tinggalkan sampah kecuali jejak “, jika ingi mengakhiri perkemahan alangkah baiknya pastikan tidak ada satupun sampah yang tertinggal.

  5. Kesehatan

    Selalu jaga kesehatan saat berkemah, terpentig adalah kebersihan diri. Dan tidak kalah pentingnya juga untuk membawa alat alat P3K.

  6. Bawa Alat Navigasi

    Jangan sampai ketika hendak menuju tempat perkemahan kamu tersesat, nah maka dari itu kompas, peta dan alat GPS akan sangat membantu.

  7. Perhatikan Konsisi Tenpat Perkemahan

    Ketika hendak mendirikan tenda perhatikan dulu kondisi tempatnya, dan selalu persiapkan diri terhadap gangguan serangan seperti nyamuk, tanaman berduri dsb. Ketika hujan agar tenda  tidak kebanjiran, buatlah parit di sekeliling tenda, jika ingin lebih nyaman ketika berkemah saat musim hujan, gunakanlah atap tambahan atau bisa disebut double deck.

Berikut 7 tips berkemah yang telah dijabarkan, semoga dapat bermanfaat bagi yang ingin melakukan perkemahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *