Cara Berikut Dapat Mengaktifkan Lagi Pramuka

Kak gimana sih buat Pramuka gugus depan jadi lebih aktif ?. Kebanyakan permasalahan dalam suatu ambalan adalah kurangnya aktif dalam berbagai bidang. Dalam sebuah organisasi atau abalan tidak bisa berdiri sendiri, tapi harus ada beberapa orang untuk menompang organisasi bersama sama. Karena faktor kekurang aktifan ambalan akan berdampak buruk kepada anggotanya, akan ada yang keluar satu demi satu dengan alasan kurangan aktif nya ambalan.

Nah, topik artikel kali ini adalah beberapa cara agar pramuka ambalan kamu terlihat aktif. Baik cara cara berikut akan saya kemas secara singkat dan jelas.

Gugus Depanmu Terdaftar

Nah, yang paling penting yaitu gugus depanmu terlebih dahulu terdaftar dalam catatan kwartir cabang yang ada di kota mu. Kalau di sekolah kamu semisal belum ada nomor gudep atau palang gudep pramuka maka yang harus kamu lakukan yaitu berbicara kepada pembina kamu. Tapi permasalahan pertama ini mungkin di setiap sekolah pasti sudah ada.

Keaktifan Anggota

Bagaimana mau aktif jika anggota nya aja tidak kompak, bagaimana bisa aktif kalau anggotanya tidak mau bekerja sama. Tumbuhkan pada diri sendiri untuk menanamkan jiwa korsa. Peranan anggota sangatlah penting, tidak ada anggota maka tidak akan berdiri suatu organisasi.

Struktur Organisasi Yang Jelas

Sekarang coba kamu fikirka gimana struktur organisasimu. Sudahkah tersusun rapi sesuai dengan keperluan organisasimu, sesuai dengan tugas tugas ?. Jika belum maka coba sekarang kamu melakukan forum atau rapat untuk menyusun struktur organisasi.

Dan jangan lupa dalam sebuah organisasi terdapat visi dan misi yang harus dicapai. Visi dan misi sangatlah penting, ingat sangat penting. Pernahkah kamu menjumpai organisasi yang tidak mempunyai visi dan misi ?, kebanyakan semua mempunyai visi dan misi.

Membuat Peraturan

Apakah kamu pernah tau organisasi manakah yang tidak mempunyai peraturan ?, hampir semua mempunyainya. Karena fungsi dari peraturan adalah untuk mengatur seluruh anggota pramuka agar patuh. Buatlah peraturan yang sangat jelas agar anggota dapat lebih memahami.

Kegiatan

Jika seluruh anggota bisa aktif maka yang harus dilakukan yaitu mempertahankan kekompakan dengan cara membuat kegiatan yang menarik dan bermanfaat. Kamu buat saja semisal di hari minggu mengadakan kegiatan latihan tentang penanganan korban kecelakaan, nah diseling materi buat sebuah tantangan atau hiburan agar kegiatan kamu tidak monoton atau membosankan, bisa juga yel yel bersama. Buatlah kegiatan yang bermanfaat bagi diri masing masing, dan agar di hari libur itu liburnya tidak sia sia.

Tinggalkan Balasan